Penanganan Covid-19 : RSUD Sumedang Kirim 30 Sampel Suspect Omicron

Penanganan Covid-19 : RSUD Sumedang Kirim 30 Sampel Suspect Omicron
Kepa­la Bidang Pencegahan dan Pe­ngendalian Penyakit (P2P) pada Dinkes Sumedang dr Reny K Anton saat berbincang dengan awak media, kemarin. (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumedang terus diintensifkan seiring melonjaknya kasus terkonfirmasi.

Hal tersebut diutarakan Kepa­la Bidang Pencegahan dan Pe­ngendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sumedang dr Reny K Anton, Rabu (9/2).

Dia mengaku telah berkoordinasi dengan satgas dan para pimpinan.

“Senin (7/2) sudah dilakukan rakor dan diambil tindakan tindakan bagaimana kita tetap melakukan protokol yang ketat serta PPKM yang dianjurkan oleh Imendagri,” jalas Renny.

Baca Juga:Badan Kehormatan DPRD Sumedang Tunggu Proses Hukum RM RampungJalan Provinsi Sumedang Wado Tak Terawat, Banyak Berlubang, Ganggu Pengendara

Dia juga mengatakan untuk mendeteksi omicron perlu dilakukan pemeriksaan khusus. RSUD juga telah mengirimkan sample suspec covid ke laboratorium provinsi.

“Kita sudah lebih kirim 30 sample, selalu bertahap kita kirim untuk memenuhi syarat pengambilan sample. Dari 30 sampel tersebut belum ada hasil jadi kita belum tahu itu Omicron atau tidak,” kata Renny.

Renny juga mengimbau masyarakat harus tetap memperhatikan prokes dan tetap waspada.

“Apapun jenisnya, baik omicron atau yang lainnya kita harus tetap waspada,” kata Renny.

Sebelumnya diberitakan, Kebijakan pemberlakuan PPKM Level 3 di Bogor Depok dan Bekasi (Bodebek) serta Bandung Raya oleh Gubernur Jawa Barat dilakukan dalam rangka mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 dan Omicron yang melonjak.

Kabupaten Sumedang juga akhirnya menerapkan PPKM Level 3 untuk tiga Kecamatan di wilayah barat Kabupaten Sumedang. Diantaranya Kecamatan Cimanggung, Tanjungsari, Jatinangor.

“Aglomerasi dari Bandung Raya, maka PPKM per kecamatan disesuaikan treatment-nya. Untuk Kecamatan Tanjungsari, Jatinangor, dan Cimanggung itu masuk Level 3. Sedangkan untuk kecamatan lainnya berada pada Level 2,” ujar Bupati Dony Ahmad Munir sesaat setelah mengikuti zoom meeting dengan Gubernur Jawa Barat terkait penanganan Covid-19 di Bodebek dan Bandung Raya dari Gedung Negara, Senin (7/2).

Baca Juga:Warga: Ternak Ayam Penyebab Kesulitan Air Bersih di Desa Cikahuripan SumedangCovid-19 Meningkat di Sumedang, PTM 50 Persen Tetap Dilaksanakan

Dony beralasan, dimasukkannya tiga kecamatan tersebut ke PPKM Level 3 karena Tanjungsari, Jatinangor dan Cimanggung berbatasan langsung dengan Bandung serta padatnya penduduk di tiga wilayah tersebut

“Perbupnya nanti kita akan buat. Selanjutnya disosialisasikan serta dikomunikasikan yang baik kepada masyarakat,” ujar Dony

Selain itu Dony mengatakan, Pemkab Sumedang akan memberikan pengertian kepada beberapa perusahaan yang berada di tiga kecamatan tersebut mengenai pemberlakuan PPKM Level 3.

0 Komentar