Usaha Ikan Hias, Dari Hobi Menjadi Rejeki

Usaha Ikan Hias, Dari Hobi Menjadi Rejeki
Menjadi usaha menjanjikan yang berawal dari hobi (ISTIMEWA)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Berbagai macam bisnis yang berhubungan dengan hobi semakin digemari di Kabupaten Sumedang pada masa pandemi. Salah satunya, usaha ikan hias koki Asep Sudrajat yang dimulai sejak lima bulan lalu dan berawal dari hobi.

“Awalnya dari dulu zaman SMP sudah suka ikan hias. Sekarang-sekarang sekalian ngisi waktu pas nunggu pekerjaan ya coba lebih didalami.  Belajar lagi lewat komunitas peternak ikan sama lewat online juga jadi keterusan,” ujar Asep saat diwawancarai Sumeks lewat seluler, Rabu (23/2).

Menurutnya, usaha ternak ikan hias ini membutuhkan ketelatenan dan kesabaran, merawat ikan hias seperti merawat anak sendiri.

Baca Juga:Hama Wereng Serang Tanaman PadiDinas Pertanian Sumedang Klaim Stok Pupuk Aman

“Ya kalau ternak ikan hias kaya gini harus telaten, sabar dan harus seperti merawat anak sendiri. Jadi hasilnya nanti ikan hiasnya juga bagus. Seperti ngasih makan harus diperhatikan, jaga kondisi air, kebersihan akuarium, pokonya harus telaten lah,” jelas Asep

Berbagai jenis ikan hias Asep jual dimana setiap ikan memiliki keunikan dan penggemar masing-masing. Baik di komunitas maupun di kalangan peternak ikan.

“Untuk jenis ikan antara lain, ikan koki oranda, koki ranchu, koki mutiara lalu ada juga koki mutiara balon, ikan koki ryukin, macam-macam dan unik. Setiap ikan punya penggemar masing-masing,” ujarnya

Sementara, harga dari ikan hias koki itu sendiri tergantung jenis ikan, ukuran, corak serta warnanya.

“Untuk harga sendiri tergantung kualitas ikannya sih, kan ada dari warna, jenis ikan. Misalnya yang dominan murah itu ikan koki oranda ukuran 10 cm sekitar dibawah 50 ribuan. Di Sumedang sekarang yang sangat diincar itu Ikan Koki Panda, yang warnanya kaya warna panda. Itu ukuran baru 7 cm juga bisa sampai 80 ribuan apalagi yang udah gede,” paparnya

Asep mengungkapkan, usaha ikan hias koki ini sangat menjanjikan apabila ditekuni dengan baik dan penuh kesabaran. Apalagi yang memang berangkat dari hobi menyukai ikan hias.

“Menurut saya bisnis ikan hias koki ini kalau dijalani dengan sabar dan telaten bisa sangat menjanjikan apalagi di masa pandemi dimana banyak yang di rumah dan fokus ke hobinya,” pungkas Asep. (rxi/job)

0 Komentar