Peduli Alam, Ormas Pemuda Pancasila Hijaukan Areal Sumber Mata Air  

Peduli Alam, Ormas Pemuda Pancasila Hijaukan Areal Sumber Mata Air  
Berberapa anggota ormas PP tengah melakukan penanaman (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, WADO – Tokoh masyarakat dan ormas pemuda pancasila di Kecamatan Wado, tanami ratusan jenis pohon terembesi di sekitar sungai dan areal kaki gunung cakra buana. Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap alam ormas pemuda pancasila yang di bantu masyarakat sekitar giat menghijaukan alam dengan penanaman pohon.

Ketua ormas Pemuda Pancasila (PP) Dede Suhendar menyebutkan, kegiatan penanaman ratusan pohon jenis terembesi (kihujan), untuk mengingatkan masyarakat agar menjaga ekosistem tumbuhan untuk menjaga alam.

“Sekarang sudah banyak hutan gundul yang disebabkan oleh keserakahan oknum masyarakat, kalau hal ini dibiarkan maka alam akan rusak dan bencana akan terus terjadi,” katanya.

Baca Juga:Tahura Gunung Kunci Sepi PengunjungSapi Desa Mekarbakti, Dorong Perekonomian Masyarakat

Dengan begitu, dimulai dari diri sendiri harus konsisten menjaga alam dengan melestarikan tumbuhan dan menghijaukan hutan yang sudah gundul.

“Saya berharap, masyarakat bisa tergerak hatinya untuk menjaga alam dengan cara melestarikan ekosistem tanaman yang ada,”katanya.

Dede menjelaskan, pihaknya memilih jenis pohon terembesi yang ditanam karena jenis pohon tersebut paling bagus untuk membantu menjaga debit air pada sumber mata air. Dengan begitu, pihaknya membidik sekitar sungai dan beberapa titik areal sumber mata air.

“Kenapa jenis pohon terembesi, karena memang pohon itu sangat epektif untuk membantu menyuburkan sumber mata air,” ucapnya.

Tujuannya, kedepan saat pohon tersebut sudah tumbuh besar maka setiap anak sungai yang ada di Wado akan terus mengalirkan air meski musim kemarau. Dengan begitu, para petani bisa terus mengolah lahannya untuk ditanami.

“Kalau sumber mata airnya bagus, maka petani juga akan sejahtera dan warga tidak akan kesulitan air bersih,” pungkasnya. (eri)

0 Komentar