Disparbudpora Sambut Baik Desa Wisata

Disparbudpora Sambut Baik Desa Wisata
Salah satu tempat wisata yang berlokasi di Desa Cibubuan Kecamatan Conggeang, menjadi salah satu pariwisata yang diapresiasi Disparbudpora (REXI CASNARI LAMDU/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Sektor Pariwisata di Sumedang yang mulai kembali berjalan lagi selepas pandemi tidak luput dari pandangan Disparbudpora, terutama dalam pengelolaan tempat wisata yang ada di daerah.

Pengelolaan tempat wisata tersebut juga bermacam-macam ada yang dikelola mandiri, serta oleh desa melalui pendamping desa.

“Sekarang di beberapa tempat muncul banyak tempat wisata baru di daerah salah satunya kan seperti yang di Cibubuan Buahdua menjadi fokus kami dalam wakyu dekat juga ingin kesana. Dengan banyak wisata desa baru ini angin segar dan kita apresiasi. Ada yang dari mandiri oleh masyarakat, ada yang di orkestrasi oleh desa. Kita juga menggandeng teman-teman dari pendamping desa menyusul animo untuk jadi desa wisata meningkat,” ujar Kepala Bidang Pariwisata Ellan R Nagari kepada Sumeks, (10/3)

Baca Juga:Wali Ingin Siswa PTM 100 PersenPencabulan Lima Anak Di Bawah Umur di Sumedang, Pelaku Berstatus Pelajar SMP

Dalam pelaksanaannya, Ellan mengungkapkan bahwa Disparbudpora juga berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait pariwisata di daerah, salah satunya dengan Komite Penggerak Pariwisata.

“Kita selalu berkomunikasi dengan berbagai pihak mengenai hal ini termasuk kemarin kita ketemu Komite Penggerak Pariwisata pimpinan Ibu Nia. Dengan banyaknya penggerak ini mudah-mudahan bisa membantu teman-teman di daerah untuk ke jadi desa wisata,” tambahnya

Dikatakanya, bahwa Disparbudpora siap memberikan dukungan moril secara penuh kepada pariwisata di daerah. Sementara untuk anggaran tetap harus ada proses dalam RKPD

“Jadi kaitan dengan penganggaran memang harus ada proses dengan RKPD dan lain lain. Sementara dukungan moril kita selalu siap. Karena mengorkestrasi bidang pariwisata itu tidak hanya oleh dinas tapi juga dengan mitra yaitu langsung dengan para praktisi, juga kita lakukan koordinasi dari berbagai arah,” ujar Ellan

Selain itu Disparbudpora Sumedang juga menyambut baik kebijakan pemerintah pusat mengenai dilonggarkannya perjalanan darat, laut serta udara dan akan dimanfaatkan dalam segi pariwisata

“Kita menyambut baik statement pemerintah pusat kelonggaran perjalanan darat, laut dan udara dan itu merupakan angin segar untuk kepariwisataan. Jadi beberapa hal dari pemerintah pusat telah memberi ruang bagi kami di bidang pariwisata setelah dua tahun pandemi,” pungkasnya (rxi/job)

0 Komentar