5 Panduan Cheat Day yang Benar dan Aman

5 Panduan Cheat Day yang Benar dan Aman
ilustrasi makanan (https://www.thesun.co.uk/)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut beberapa panduan cheat day yang harus Anda perhatikan sebelum melakukannya. Dengan menerapkan aturan ini, semua makanan bisa secara aman dikonsumsi tanpa takut mengalami kenaikan berat badan.

  1. Mengonsumsi makanan sehat

Tidak hanya ketika diet saja, mengonsumsi makanan sehat pada dasarnya wajib untuk dilakukan setiap hari. Jadi, aturan cheat day yang pertama, pastikan Anda tetap memperhatikan asupan makanan sehat yang mengandung protein dan serat.

Pasalnya, makanan tersebut dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan tetapi tetap menjaga kebugaran tubuh Anda walaupun sedang membatasi pola makan.

Baca Juga:5 Makanan yang Cocok untuk Diet Sehat 5 Cara Diet yang Sehat

  1. Makan secara perlahan

Meski bebas konsumsi apa pun saat libur diet, ingatlah untuk memperhatikan cara makan Anda. Makanlah makanan yang Anda sukai secara perlahan dengan mengunyah secara perlahan-lahan sehingga Anda bisa menikmati rasa pada makanan tersebut.

Makan secara perlahan dapat membantu Anda merasa lebih cepat kenyang, lho! Dengan begitu, Anda akan memberi waktu bagi hormon bernama leptin untuk mengirim sinyal pada otak guna menimbulkan rasa kenyang dan senang setelah makan.

  1. Memperhatikan porsi

Selain memperhatikan cara makan, Anda juga harus memperhatikan porsi makan selama melakukan cheat day. Aturan cheat day yang satu ini pada dasarnya sama saat Anda sedang melakukan program diet.

Konsumsilah makanan tidak dalam porsi besar dalam satu kali makan. Jadi, makan sedikit tapi sering sebenarnya lebih baik baik ketimbang langsung kalap makan dalam jumlah yang besar.

Selain mengurangi risiko perut begah, hal tersebut juga akan membantu sistem metabolisme tubuh mencerna makanan dengan mudah.

  1. Buat versi sehat dari makanan favorit Anda

Anda suka pizza? Burger? Atau junk food serta fast food lainnya? Kesemua jenis makanan tersebut bisa Anda konsumsi saat cheat day. Meski begitu, hari libur diet bukan berarti Anda bebas makan segala makanan yang tidak sehat.

Maka dari itu, Anda tetap harus menyiasati makanan yang Anda konsumsi dengan pilihan yang lebih baik. Misalnya, Anda ingin ngemil es krim, cobalah pilih alternatif es krim yang rendah lemak atau yang berbasis vegan.

0 Komentar