Desa Sukajaya Lampaui Target Program SAKIP Desa

Desa Sukajaya Lampaui Target Program SAKIP Desa
Kepala Desa Sukajaya, Sukana saat dijumpai di ruang kerjanya beberapa waktu lalu. (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Semenjak diberlakukan sejak tahun 2019, kini SAKIP Desa sudah diimplementasikan di 270 Desa se-Kabupaten Sumedang. Hal itu ditunjang dengan pengembangan  teknologi informasi super aplikasi E-Office Desa.

SAKIP Desa membuat sinergitas antara Pemerintahan Kabupaten, pemerintahan Kecamatan dan Pemerintahan Desa lebih efektif, terintegrasi dan transparan.

Dalam SAKIP, di Kabupaten Sumedang terdapat tiga Prioritas program utama. Pertama penurunan angka kemiskinan, kedua penurunan angka stanting, ketiga peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Baca Juga:Pemdes Cijati Edukasi Warga, Tetap Jalankan ProkesPuluhan Staf Kejari Sumedang Terpapar Covid, Pelayanan Terganggu, Warga Harus Kembali dengan Tangan Hampa

Dengan adanya Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang difokuskan pada program transformasi digital dan SAKIP Desa, Pemerintahan Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Utara merasa terbantu untuk melengkapi data E-office Desa dalam 3 program SAKIP Desa dan optimasi program Desa cinta statistik (Cantik).

“Alhamdulillah pada tahun ini dengan adanya program PKL IPDN yang difokuskan pada transformasi Digital dan SAKIP Desa, khususnya Pemdes Sukajaya merasa terbantu untuk menuntaskan ketiga program prioritas program SAKIP,” jelas Kades Sukajaya Sukana kepada Sumeks beberapa waktu yang lalu.

Dikatakan, pencapaian data tiga program prioritas SAKIP di Pemerintahan Desa Sukajaya, pertama untuk program Penurunan angka kemiskinan dengan target 8 persen pertahun setara dengan 64 KK, untuk Desa Sukajaya sendiri terealisasi 75 KK.

“Kedua, untuk program penurunan stunting 6 Kegiatan di Desa Sukajaya terealisasi 8 kegiatan pencapaian 133,3 persen. Dan, ketiga program Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) target 85 point di Desa Sukajaya terealisasi 93,15 point. Adapun untuk Desa Cinta Statistik (Cantik) dari target 2479 KK terealisasi 1870 KK pencapaian 74,92 persen,” kata Sukana.

Sukana berharap, dengan adanya implementasi progran tersebut, kedepannya diharapkan di Desa Sukajaya tidak ada lagi bayi stunting. Kemudian, ada penurunan angka kemiskinan secara keseluruhan di warga Desa Sukajaya khususnya, umumnya di Kabupaten Sumedang. (ahm)

0 Komentar