Komunitas Asep Asep Jadikan Keraton Sumedang Sebagai Balai Indung

Komunitas Asep Asep Jadikan Keraton Sumedang Sebagai Balai Indung
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menghadiri peresmian Keraton Sumedang Larang sebagai Balai Indung Komunitas Asep Nusantara, kemarin. (IMAS MAYATI KURNIA FITRI/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Asep adalah sebuah nama warisan budaya Sunda yang dimililiki oleh seorang Raja Sumedang yaitu Asep Djamu atau dikenal dengan Pangeran Kornel, nama lain bagi Pangeran Kusumadinata. Pemerintah Kabupaten Sumedang sendiri melalui Perdanya telah membuka Keraton Sumedang Larang sebagai Balai Indung. Hal itu disampaikan Ketua Komunitas Asep Asep, Rd Asep Budi Atmaja, Senin (14/3).

“Alhamdulillah, pemerintah Kabupaten Sumedang sudah membuka melalui Perdanya, Keraton Sumedang sebagai Balai Indung. Silahkan kepada semua masyarakat, khususnya Asep, menjadikan Keraton Sumedang Larang ini balai kita semua. Semoga juga Kabupaten Sumedang dengan hadirnya Komunitas Asep Asep menjadi ramai. Sumedang punya yang nama keraton dan semoga Keraton Sumedang masih tetap eksis,” ungkap Asep.

Dia berharap agar nama Asep mendunia. Karena, nama Asep adalah nama budaya Sunda.

Baca Juga:Bus Tampomas, Bus Pariwisata Kabupaten SumedangPagelaran Seni Tampilkan Kreasi Siswa SMA

“Harapan kami mudah mudahan nama Asep sendiri sampai ke Unesco karena nama Asep itu adalah nama budaya Sunda yang berasal dari Sumedang,” kata dia.

Sementara itu, anggota Komunitas Asep Asep, Asep Firmansyah mengatakan pada tahun 2016 dibentuklah Komunitas Asep Asep yang didirkan Asep Tutuy Turyana (Alm), putra Sumedang asal Situraja.

“Komunitas Asep Asep berdiri 16 Juli 2016 di Gedung Mayang Sunda Bandung. Penggagasnya Asep Tutuy Turyana, putra  Sumedang asal Kecamatan Situraja. Untuk visi dan misi dari Komunitas itu sendiri ‘Nganjreukeun Ajen Inajen Budaya Bunda,” ujar Asep Firmansyah kepada Sumeks.

Asep Firmansyah juga mengatakan awalnya membentuk komunitas ini ingin mempertemukan Asep se-Nusantara dan menjalin silaturahmi.

“Pada awalnya ingin mempertemukan Asep se-Nusantara agar bisa terjalin persaudaraan. Kemudian, agar nama Asep itu tidak dipandang sebagaubnama kampung,” katanya

Dia pun berharap agar para ibu dan bapak milenial berkenan untuk menamai anaknya Asep.

“Harapan ke depan saya, khususnya dari Komunitas Asep Asep semoga para ibu-ibu dan bapak-bapak milenial mau menamai anaknya dengan nama Asep. Supaya nama Asep itu tidak punah karena nama Asep itu buka nama yang sembarangan,” ucapnya.

Baca Juga:Petani Wanajaya Kembangkan Jeruk Limau dan VaniliKades Jatimulya Meminta Pemda Tangani Longsor di Perum Asabri

Komunitas Asep memilih Keraton Sumedang Larang sebagai balai indung karena ada tokoh heroik yang pernah tinggal disana yang bernama Asep Djamu, sebagai Bupati Sumedang pada masanya.

0 Komentar