Donor Darah Bisa Jadi Ladang Amal

Donor Darah Bisa Jadi Ladang Amal
Ketua Karang Taruna Kecamatan Cimanggung M Fadhlan Irfan Darmawan SH MH saat mengikuti kegiatan sosial bersama Yayasan Donor Darah Sukarela 100 Jawa Barat, belum lama ini (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Ratusan warga turut berpartisipasi dalam pelaksanaan donor darah di lingkungan Perumahan PT SBG, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Minggu (20/3).

Ketua Yayasan Donor Darah Sukarela 100 Jawa Barat, Tulus Baedi mengatakan, donor darah sudah sering dilakukan hingga jadi kegiatan rutin.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan agar masyarakat mempunyai kesadaran diri terhadap pentingnya mendonorkab darah,” katanya kepada Sumeks.

Baca Juga:Becak Motor Kalah Dengan Ojek OnlineTanaman Buah, Tingkatkan Ketahanan Pangan

Dia mengatakan, selain memberikan kestabilan imun tubuh, mendonorkan darah bisa jadi ladang beramal. Sebab, turut membantu orang lain yang kekurangan darah.

“Kita lakukan kegiatan ini bukan pertama kalinya. Kita sudah bergerak melalui organisasi yang sudah berizin sejak Januari 2020,” terangnya.

Tulus mengaku, ketersediaan darah khususnya di Kabupaten Sumedang kerap mengalami kekurangan sebab minimnya pendonor.

“Kami bersama rekan-rekan organisasi berupaya mengedukasi masyarakat mengenai kegiatan tersebut hingga siap fasilitasi pelaksanaannya,” jelasnya.

Contohnya seandainya bisa dapat pendonor 150 orang, tapi yang membutuhkan ada 300 orang. Artinya, stok darah tetap kurang. Masyarakat terutama warga Sumedang bisa lebih sadar terhadap pentingnya kegiatan mulia tersebut, selain baik untuk diri sendiri juga bermanfaat bagi orang lain.

Sementara itu, Humas Unit Donor Darah PMI Sumedang, Deni mengatakan, untuk pelaksanaan hari ini ditargetkan sebanyak 150 pendonor.

“Hari ini kita targetkan sebanyak 150 pendonor dengan berbagai macam golongan darah, dari target 150 pendonor tercapai 115 orang. Itu sebagian karena tidak bisa donor karena tensinya tinggi dan alasan lain,” tuturnya.

Baca Juga:Warga Minta Perbaikan Jalan Wado-Sumedang Dirombak TotalKetua PKS Sumedang: Evaluasi Akan Lahirkan Suatu Koreksi Kebaikan

Palang Merah Indonesia (PMI) Sumedang pada pelaksanaannya dibantu Yayasan Donor Darah Sukarela 100 Jawa Barat. (kos)

0 Komentar