Kondisi Tanjakan Eba Perlu Evaluasi

Kondisi Tanjakan Eba Perlu Evaluasi
Sebuah truk terguling di tanjakan Eba Kecamatan Cisitu. Kondisi jalan di Tanjakan Eba harus dievaluasi oleh pihak terkait karena sering menyebabkan kecelakaan. (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CISITU – Sering terjadi kecelakaan lalulintas di jalan Rd Umar Wirahadikusumah betulan Tanjakan Eba, para pengguna jalan berharap pihak terkait melakukan evaluasi.

Seringnya kecelakaan terjadi di kawasan jalan tersebut, membuat para pengguna jalan tidak nyaman melintasi jalur tersebut.

Salah satu pengguna jalan, Nanang menyebutkan, meski terlihat tidak terlalu curam, tanjakan eba tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, tanjakan awal pada jalan tersebut sangat tajam. Jadi sering kali kecelakaan terjadi karena mobil tidak kuat nanjak atau mati mesin.

Baca Juga:Dua Orang Petani Tewas Tersambar PetirPohon Ratusan Tahun Tumbang, Tutup Akses Tanjungsari – Rancakalong – Sumedang 

“Kalau dilihat dari bawah, memang tanjakannya seperti tidak berat, padahal itu sangat tajam. Jadi kalau dari bawah pake gigi 2 itu pasti tidak naik,” katanya kepada Sumeks, Senin (28/3).

Seharusnya, pihak terkait melakukan evaluasi terhadap akses jalan tersebut. Sebab, jika terus dibiarkan, tidak menutup kemungkinan bisa menelan korban jiwa.

“Faktor dari kecelakaan yang terjadi itu karena pengaruh jalan. Jadi saya sangat berharap pihak terkait bisa merubah jalan tersebut agar bisa lebih landay,” katanya.

Warga lainnya, Aang menyebutkan, akses jalan tersebut memang salah satu akses jalan yang kurang membuat nyaman pengguna jalan. Rentetan kecelakaan yang terjadi dari dulu, seharusnya jadi perhatian pihak terkait. Dengan menggunakan alat berat, bisa saja pihak terkait mengeruk jalan tersebut agar bisa lebih landay.

“Harusnya jalan tanjakan itu dikeruk agar tidak terlalu tajam,” katanya.

Selain itu, tembusan jalan Lingkar Utara diharapkan bisa membuang jalur tanjakan Pasiringkik dan Eba, sebab jalur tersebut sangat rawan kecelakaan.

“Makanya untuk nanti, jalan Lingkar Utara itu harusnya bisa tembus tanpa harus melalui jalur tersebut,” katanya. (eri)

0 Komentar