Waduk Jatigede Menjadi Lokasi Latihan SAR Beregu

Waduk Jatigede Menjadi Lokasi Latihan SAR BereguĀ 
Kegiatan pembukaan dan materi teori kegiatan Latihan SAR Beregu Teknik Pertolongan di Air. (ist)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Waduk Jatigede rencananya akan menjadi tempat kegiatan pembukaan dan materi teori kegiatan Latihan SAR Beregu Teknik Pertolongan di Air.

Pembukaan latihan itu berlangsung di Kantor SAR Bandung dan dibuka Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah, Senin (28/3).

Dikatakan, kegiatan dibuka hingga dua hari kedepan sampai Rabu (30/3)Ā  Peserta kegiatan merupakan Rescuer Kantor SAR Bandung, baik dari Pos SAR Cirebon, Pos SAR Tasikmalaya dan Unit Siaga SAR Pangandaran.

Baca Juga:Minyak Goreng Masih Jadi Polemik Bagi WargaKondisi Tanjakan Eba Perlu Evaluasi

“Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mempertajam dan meningakatkan keterampilan rescuer dalam teknik pencarian dan pertolongan di permukaan dan bawah air,” jelasnya.

Ia berharap, pelatihan dilaksanakan agar operasi SAR yang lebih maksimal. Sehingga, bisa memberikan pelayanan SAR bagi masyarakat dengan cepat, efektif dan efisien.

Dia menyebutkan selain untuk mereview pengetahuan baik teori maupun skill rescuer dalam teknik pencarian dan pertolongan di air, kegiatan ini juga untuk familiarisasi peralatan SAR air baru yang akan di ujifungsikan. Sehingga, bisa dinilai kekurangan serta kelebihan peralatan SAR tersebut dan bisa difungsikan secara maksimal pada saat operasi SAR.

Selain itu, kata Deden, referensi terkait SAR terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi, peralatan juga semakin canggih. “Sehingga kita harus mengikuti perkembangan teknologi termasuk mengupgrade kemampuan, tantangan kedepan juga semakin sulit maka kita harus terus mengasah kemampuan,” ujarnya.

Kegiatan pembukaan dilanjutkan dengan penyematan secara simbolis kepada perwakilan peserta oleh Kepala Kantor SAR Bandung. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama peserta pelatihan serta unsur pimpinan dilingkungan SAR Bandung. (kos)

0 Komentar