Wisata Mata Air Cipulus Kembali Ditata

Wisata Mata Air Cipulus Kembali Ditata
Kepala Desa Conggeang Wetan Momon Karyana alias Bah Dimong saat memantau para pekerja yang membangun wisata mata air Cipulus, kemarin. (ATEP BIMO AS/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CONGGEANG – Wisata mata air Cipulus di Desa Conggeang Wetan Kecamatan Conggeang kembali ditata.

Penataan dilakukan untuk mengembangkan kembali wisata Cipulus. Serta, menggali potensi wisata yang ada di Desa Conggeang Wetan.

“Selain itu, kami Pemdes Conggeang Wetan ingin menumbuhkan rasa memiliki wisata mata air Cipulus di mata masyarakat. Juga, sesuai dengan program Bupati dan Wakil Bupati Sumedang yaitu Sumedang Simpati,” ujar Kepala Desa Conggeang Wetan Momon Karyana saat berbincang dengan Sumeks di kantornya, Rabu (30/3).

Baca Juga:Pemerintah Harus Perhatikan Penunjang PertanianKeterbatasan Armada, Penyebab Penumpukan Sampah di Parakan Muncang

Apalagi, kata pria yang akrab disapa Bah Dimong, saat menjelang Bulan Suci Ramadan dan Idul Fitri, masyarakat Desa Conggeang Wetan dan putra daerah Conggeang Wetan khususnya, dan warga Kecamatan Conggeang pada umumnya dapat memanfaatkan wisata mata air Cipulus sebagai tempat liburan.

“Terutama, bisa dijadikan salah satu objek wisata pilihan saat ngabuburit dan liburan lebaran. Selain itu, ketika mereka kembali ke perantauan mempunyai rasa kebanggaan karena memiliki wisata mata air Cipulus di kampung halamannya,” jelasnya.

Di wisata mata air Cipulus, Pemdes Conggeang Wetan akan mengadakan taman edukasi untuk usia dini supaya mengenal dan lebih dekat lagi dengan alam. Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya akan bekerjasama dengan salah satu fakultas yang membidangi pertanian dan perkebunan.

“Taman Edukasi tersebut dapat memunculkan taruna taruna tani yang unggul di Desa Conggeang wetan. Sehingga, masyarakat tidak harus menjadi PNS ataupun merantau ke kota. Mereka bisa memberdayakan potensi yang ada dengan bertani di daerahnya sendiri,” jelasnya.

Dikatakan, Pemdes Conggeang Wetam di Cipulus melakukan penataan sarana yang sudah ada. Seperti, mushola, pendopo atau balai pertemuan, MCK, ruang ganti pakaian serta kolam bermain bagi anak-anak.

Disebutkan, disini juga akan terdapat kuliner khas Sunda dan fasilitas teropong diatas pohon untuk melihat keindahan Indramayu, Cirebon dan Majalengka.

“Kedepannya, wisata Cipulus akan dikelola oleh Bumdes Danadyaksa Desa Conggeang Wetan,” tandasnya.

Baca Juga:Jelang Mudik, Polres Sumedang Pastikan Arus Lalu Lintas Lancar Ridwan Kamil: Kerja Sama Bank BJB dan PWNU Jabar untuk Kemajuan Ekonomi Umat

Dia berharap, penataan kembali wisata Cipulus selain menimbulkan kebanggaan dan rasa memiliki warga, juga akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya. Karena, di saat warga merasa bangga, tentunya akan menyebarluaskan informasi ke daerah yang mereka datangi.

0 Komentar