Berikut Resep Cara Membuat Kolak Mudah dan Bergizi

Berikut Resep Cara Membuat Kolak Mudah dan Bergizi
Kolak menjadi menu berbuka yang mudah dibuat serta bergizi (foto : tribunnews)
0 Komentar

sumedangekspres – Pada bulan ramadhan tentunya salah satu yang paling utama ialah menu buka puasa. Salah satu menu berbuka khas Indonesia dan sering ditemui ialah kolak. Kolak adalah kudapan manis yang biasanya terbuat dari beberapa bahan seperti pisang, santan serta tambahan lain kolang-kaling. Lalu bagaimana resep cara membuat kolak?

Membuat kolak sebenarnya cukup mudah. Cukup menggunakan bahan utama pisang dan santan pun kita sudah bisa membuat kolak nikmat untuk berbuka puasa bersama kekuarga. Selain itu, dilansir sragenupdate.com menurut dr Zaidul Akbar, kolak juga mengandung banyak gizi.

Sehingga kolak sangat menyehatkan dan menambah nutrisi bagi tubuh di bulan suci ramadhan ini. Kolak yang mengandung serat, karbohidrat, vitamin, enzim juga protein.

Baca Juga:Enzy Storia Bercerita Di Youtube Daniel Mananta, Mendapatkan Keajaiban Seusai Shalat TahajudBerikut Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengirim Parcel Ramadhan

Untuk bahan resep kolak pun cukup murah yaitu antara lain singkong, ubi unggu, pisang, kolang kaling, ubi jalar. Untuk cita rasa kolak yang nikmat tambahkan garam, gula aren, jahe, serta daun pandan.

Cara memasak kolak ialah sebagai berikut :

  1. Bahan utama kolak harus disiapkan seperti berupa buah atau umbi-umbian.
  1. Jangan lupa untuk menyiapkan juga santan atau bisa menggunakan susu putih.
  1. Lalu panaskan air hingga mendidih. Setelah itu, masukkan semua isian kolak.
  1. Jika sudah dirasa matang, segera tambahkan bahan seperti gula dan sedikit garam. Bisa juga ditambahi jahe agar lebih hangat.
  1. Tambahkan pula daun pandan agar aroma kolak wangi.
  1. Bisa tambahkan santan atau susu agar rasa kolak lebih nikmat.

Zaidul Akbar juga mengungkapkan bahwa penggunanaan santan harus langsung dimasukkan ketika masih hangat tanpa dimasak, agar gizinya terjaga dan menambah rasa gurih.

Santan yang merulakan satu sumber lemak baik dan juga mengandung protein yang baik bagi tubuh.

Dengan bahan sederhana serta cara memasak yang mudah, maka kolak bisa menjadi inspirasi berbuka di Buman suci ramadhan 2022. (cr1)

0 Komentar