Dua Bidang Ilmu Unpad Masuk Peringkat 500 Terbaik Dunia

Dua Bidang Ilmu Unpad Masuk Peringkat 500 Terbaik Dunia
Kampus Universitas Padjadjaran di Jatinangor, Sumedang. (ist)
0 Komentar

“Kalau kita penelitiannya saja, H-index-nya tinggi tetapi tidak bergaul dan berjejaring nanti penilaiannya tidak akan baik. Dosen tidak cukup bekerja di dalam, harus bergaul sehingga bisa diakui orang lain,” kata Rektor.

Unpad sendiri telah menggulirkan sejumlah program akselerasi untuk meningkatkan kualitas publikasi dan rekognisi. Mulai dari program internasionalisasi PIRSA, Pradja Brata, hingga hibah World Class University yang bertujuan untuk menguatkan iklim akademik sekaligus meningkatkan jejaring dosen.

“Saat ini para dosen sudah on the track tridarmanya, Unpad terus memberikan stimulan melalui program-program tersebut. Ke depan, ini harus terus dilakukan,” ujar Rektor.

Baca Juga:Isu Kenaikan Pertalite dan Gas Resahkan MasyarakatHama Monyet Hantui Petani Desa Ranggon

Lebih lanjut Rektor mengatakan, penambahan bidang ilmu yang masuk penilaian QS WUR by Subject 2022 menunjukkan adanya penguatan dari pergerakan bidang ilmu di Unpad. “Kita berharap tidak hanya penelitian, lulusan juga harus terekognisi. Fungsi tridarma didorong kualitasnya. Partisipasi dosen dan mahasiswa semakin banyak berjejaring untuk bisa direkognisi di dunia internasional,” jelasnya.

Kepala Kantor Internasional Unpad dr. Ronny, M.Kes., PhD, mengatakan, masuknya 10 bidang ilmu baru yang dinilai QS WUR by Subject 2022 diharapkan dapat menambah jumlah bidang ilmu yang masuk pemeringkatan di tahun selanjutnya. Pada metode QS, bidang ilmu yang masuk listed sudah mendapat penilaian oleh lembaga tersebut.

“Jika hasil penilaian kemudian masuk ke dalam cut off point-nya QS WUR by Subject, maka bidang ilmu tersebut akan berpotensi masuk ke dalam pemeringkatan di tahun 2023,” ujarnya.

Senada dengan Rektor, Ronny juga mendorong sivitas akademika Unpad meningkatkan kinerja dan semangatnya dalam melakukan riset dan berkualitas. Baik untuk mendorong sitasi hingga membangun komunikasi aktif dan partisipatif dengan mitra dalam dan luar negeri.

“Jejaring tersebut bisa menempatkan Unpad sebagai universitas yang memberikan kebermanfaatan maksimal,” kata Ronny. (rls)

0 Komentar