Dua Bidang Ilmu Unpad Masuk Peringkat 500 Terbaik Dunia

Dua Bidang Ilmu Unpad Masuk Peringkat 500 Terbaik Dunia
Kampus Universitas Padjadjaran di Jatinangor, Sumedang. (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2022 resmi dirilis pada Rabu (6/4) sore. Pada tahun ini, ada tiga bidang ilmu Unpad yang berhasil masuk ke dalam pemeringkatan tersebut.

Tiga bidang ilmu yang masuk pemeringkatan QS WUR by Subject 2022 adalah economics dan econometrics pada peringkat 450-500, social sciences dan management pada peringkat 450-500, serta bidang ilmu medicine pada peringkat 600-650.

Hasil ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, di mana hanya bidang ilmu medicine yang masuk pemeringkatan. Selain penambahan bidang ilmu yang masuk pemeringkatan, pada tahun ini jumlah bidang ilmu yang masuk daftar yang dinilai (listed) oleh QS WUR by Subject 2022 sebanyak 34 bidang ilmu. Jumlah tersebut juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 23 bidang ilmu.

Baca Juga:Isu Kenaikan Pertalite dan Gas Resahkan MasyarakatHama Monyet Hantui Petani Desa Ranggon

“Masuknya dua subyek baru itu menunjukkan penguatan bidang keilmuan di Unpad untuk terekognisi internasional semakin melebar,” kata Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti.

Rektor mengatakan, hasil pemeringkatan ini merefleksikan kualitas riset dan publikasi yang dilakukan Unpad semakin meningkat. Kualitas yang meningkat otomatis membuat indeks sitasi juga naik.

Tidak hanya kualitas riset yang makin baik, rekognisi atas kinerja tridarma Unpad juga semakin meningkat. Para dosen tidak hanya didorong menghasilkan publikasi internasional melalui risetnya, tetapi juga didorong untuk memperluas jejaring kerja sama dengan peneliti lain, baik dalam maupun luar negeri.

Banyak jejaring kerja sama yang dilakukan membuat rekognisi Unpad di mata sejawat (peers) semakin menguat.

Hal senada juga dilakukan di aspek lulusan. Penyiapan lulusan yang berkualitas akan mudah diserap dan diakui reputasinya oleh dunia kerja.

Rektor menjelaskan, pengakuan atas kualitas Unpad berperan penting dalam penilaian pemeringkatan QS. Metode penilaian QS sendiri meliputi gabungan antara penilaian berbasis data dengan penilaian berbasis rekognisi dari pengguna dan mitra kerja. Karena itu, dosen didorong untuk melakukan penelitian yang tidak sekadar dilakukan secara internal. Jejaring kerja sama dengan peneliti dalam dan luar negeri perlu dilakukan. Selain mendapat rekognisi, hal ini juga mendorong adanya riset yang berkelanjutan.

0 Komentar