5 Cara Agar Tidak Kecanduan Bermain Handphone

Cara Mengurangi Penggunaan Handphone Agar Tidak Kecanduaan
Ilustrasi beberapa orang berkumpul tapi kecanduan hp (Liputan6.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Zaman Ini Handphone dan internet menjadi media penting untuk kebutuhan kita sehari-hari.

Walaupun demikian, HP juga membuat kecanduan bagi sebagian orang, bahkan sampai berlarut-larut dalam waktu yang cukup lama.

Terlalu banyak menggunakan HP secara berlebihan juga memiliki efek samping terhadap pengguna seperti radiasi dari handphone dan berpotensi gangguan penglihatan.

Baca Juga:Puasa, Rakit Pemancingan Terimbas BerkahAnak Kecil Puasa Setengah Hari di Bulan Ramadhan, Bagaimana Hukumnya ?

Bagaimana cara menyikapinya? berikut bebeeapa tips untuk hindari kecanduan bermain handphone. Dilansir dari cirebon.pikiran-rakyat.com

  1. Nonaktifkan data internet

Menonaktifkan data di intenet di waktu luang maupun kerja samgat efektif untuk melepas diri dari handpone.

  1. Alokasikan Me Time

Coba terapkan beberapa jam tanpa ponsel dan lakukan hal produktif lainnya seperti kegiatan rumah pada umumnya.

  1. Cari kegiatan lain sebagai pengalihan

Cobalah cari aktivitas menurutmu menarik seperti berolahraga di pagi atau sore hari misalnya. Selain itu bisa juga habiskan waktu dengan kerabat tercintamu agar kamu lupa dengan apa yang terjadi di dunia maya milikmu.

  1. Hindari melihat grup percakapan

Mempunyai grup rekan maupun sekolah memang mengasyikkan, namun di sisi lain kita bisa menahan diri untuk tidak selalu nimbrung pada beberapa waktu.

  1. Batasi main ponsel menjelang jam tidur

Penelitian mengungkapkan bahwa tampilan layar di sebagian besar perangkat bisa menekan melatonin, yakni mengganggu jam biologis. Untuk menyikapinya, kamu bisa mematikan notifikasi ponsel yang sekiranya tidak terlalu penting dan prioritaskan hal yang menurutmu penting. (Cr2)

0 Komentar