Puasa, Rakit Pemancingan Terimbas Berkah

Puasa, Rakit Pemancingan Terimbas Berkah
Seorang pemancing menyeberang dengan memakai rakit di Bendungan Jatigede (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Berkah Ramadan, jasa penyedia pemancingan di Waduk Jatigede mengalami peningkatan sewa.

Pada momen bulan puasa, masyarakat yang hobi memancing dari berbagai wilayah seperti Cimalaka, Cibugel bahkan dari daerah Garut seperti Limbangan, Malangbong dan Lewo berdatangan untuk menyewa pemancingan milik warga di wilayah penyangga.

Selain hobi mancing, para pengunjung datang ke pemancingan yang ada di Waduk Jatigede itu untuk tujuan ngabuburit atau buka bersama dengan rekan satu hobinya.

Baca Juga:Anak Kecil Puasa Setengah Hari di Bulan Ramadhan, Bagaimana Hukumnya ?Ada 5 Golongan Umat Muslim Yang Diperbolehkan Tidak Puasa Ramadan

“Dari awal puasa, alhamdulilah pengunjung ada peningkatan. Baik dari wilayah luar Sumedang maupun warga sekitar Sumedang yang niatnya mancing sambil ngabuburit,” kata salah satu pemilik pemancingan Jana kepada Sumeks, Kamis (7/4).

Dikatakan, kondisi pemancingan hari-hari biasa memang selalu ada sewa, hanya saja untuk bulan puasa ini ada sedikit peningkatan.

“Hari-hari biasa juga alhamdulillah ada saja yang sewa. Tapi untuk bulan puasa ini, warga yang tidak sering mancing juga jadi sering, karena alasannya sambil ngabuburit,” katanya.

Salah satu pemancing asal Situraja, Jalaludin menyebutkan, untuk saat ini setiap sore dirinya mancing di rakit yang ada di Waduk Jatigede.

Dia mengakui memang suka mancing, tapi hanya sesekali saja. Tapi untuk bulan puasa ini mancing tujuannya sambil ngabuburit.

“Tujuan saya mancing disini untuk ngabuburit, makanya saya milih rakit pemancingan yang dekat dengan pemukiman atau warung, supaya kalau tiba waktu solat saya bisa numpang di warung atau ke mushola terdekat. Kebetulan di pemancingam blok pasir puyuh (Desa Tarunajaya) ini dekat dengan pemukiman dan mushola,” katanya.

Pemancing lainnya asal Malangbong, Agus mengaku termasuk orang yang sering melakukan kegiatan mancing di Waduk Jatigede bersama rekan-rekan satu hobinya.

Baca Juga:5 Anjuran Agar Mendapat Kesejahteraan di Bulan Ramadan5 Cara Luluhkan Hati Calon Mertua Agar Mendapat Restu

Dia mengaku, pada momen bulan puasa ini, selain hobi, memancing juga jadi salah satu upaya untuk mengisi waktu senggang sambil menunggu buka puasa.

Menurutnya, dengan memancing, waktu jadi terasa singkat. Bahkan kalau dirinya merasa tanggung karena belum puasa memancing seharian, biasanya Agus dan rekan-rekannya pesan nasi liwet untuk buka bersama.

0 Komentar