Dana Desa Sukamenak Tahap Pertama, Fokus Penataan Lingkungan

Dana Desa Sukamenak Tahap Pertama, Fokus Penataan Lingkungan
Beberapa pekerja sedang membuat TPT di Dusun Munjul Desa Sukamenak untuk mengantisipasi adanya longsor karena tanah yang labil (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Pemerintah Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja masih fokus mengalokasikan dana desa tahap pertama untuk penataan lingkungan.

Hal itu mengingat kondisi di lingkungan Dusun Munjul masih banyak gang yang belum dipasang Tembok Penahan Tanah (TPT). Sementara, kondisi tanah di areal tersebut masuk ke dalam kategori tanah yang labil dan mudah longsor. Maka, Pemdes Sukamenak memprioritaskan pembangunan TPT gang.

Kepala Desa Sukamenak, Wawat Suwati menyebutkan, untuk saat ini ada 3 titik kegiatan pembangunan TPT gang yang belum lama ini rampung dikerjakan. Hal itu bertujuan agar tanah yang labil bisa terbantu kekuatannya dan tidak mudah longsor.

Baca Juga:Jalan Menuju Kampung Toga Berlubang, Ganggu Mobilitas PengunjungPetani Mengeluh, Jahe Merah Nyaris Tidak Laku

“Sementara ini kita sudah lakukan kegiatan penataan lingkungan pembuatan TPT gang di 3 titik yang berlokasi di Dusun Munjul,” katanya kepada Sumeks, belum lama ini.

Wawat menuturkan, di areal tersebut tanahnya berundak jadi banyak gang diatas rumah warga yang posisi rumahnya lebih rendah dari gang tersebut. Oleh sebab itu, jika gang tersebut longsor jelas akan mengenai rumah yang terdapat di bawah.

“Kenapa kita jadikan kegiatan ini skala prioritas, karena memang kondisinya emergency,” kata dia.

Wawat berharap, kegiatan ini bisa jadi salah satu upaya pencegahan terjadinya longsor di pemukiman.

“Kegiatan ini harus punya manfaat yang besar, selain mengurangi kekumuhan bisa jadi antisipasi bencana juga,” kata dia.

Wawat menjelaskan, pada tahap 2 dana desa akan dialokasikan untuk program hewani atau perbaikan ekonomi jangka panjang melalui peternakan.

“Untuk tahap dua kita akan fokus pada program bantuan ternak untuk warga,” pungkasnya. (eri)

0 Komentar