Mahasiswa Tingkat Akhir Harus Tahu, Cara Hindari Stres Saat Skripsi

Mahasiswa Tingkat Akhir Harus Tahu, Cara Hindari Stres Saat Skripsi
Ilustrasi mahasiswa akhir mengerjakan skripsi (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Skripsi memang bukan hal yang mudah. Pasti kamu merasa malas, lelah, bahkan stres. Ada beberapa faktor masalah yang membuat skripsimu tertunda.

Faktor yang mempengaruhi skripsi tertunda ialah dosen pembimbing yang sulit ditemui, penelitian tertunda, topik berkali-kali ditolak dosen pembimbing, ngga ada dana penelitian, sulit membagi waktu, dan sebagainya.

Tentu, ini akan membuat banhak pikiran. Apalagi ketika kamu melihat banyak teman yang udah lulus, udah kerja, atau malah udah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga:Kenali Teman Toxic DisekitarmuRidwan Kamil Ajak Kejaksaan Tinggi Meningkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Tapi jangan khawatir kami ada beberapa tips untuk menghindari stres saat mengerjakan tugas akhir tersebut. Dilansir dari okezone.com

  1. Buat jadwal untuk mengerjakan skripsi dan istirahat (beserta durasinya)

Tips hindari stres saat skripsi yang pertama adalah dengan membuat jadwal. Ada kemungkinan kamu akan merasa terbebani jika harus mengerjakan skripsi dalam jangka waktu yang lama, misalnya berbulan-bulan. Supaya terasa ringan, akan lebih baik jika kamu membuat jadwal sebelum mulai mengerjakan skripsi.

  1. Atur goals yang spesifik

Jika kamu berpikir bahwa kamu harus mengerjakan semua bagian skripsimu dalam satu hari, pasti kamu akan mudah merasa stres. Akan lebih baik jika kamu mencicil sedikit demi sedikit. Makanya, tips hindari stres saat skripsi selanjutnya adalah atur goals yang spesifik.

  1. Mulai kerjakan dulu

Baru menulis beberapa kalimat langsung dihapus karena merasa kalimatnya jelek. Begitu terus sehingga skripsi kamu ngga ada progress. Apakah kamu pernah mengalami hal ini? Kalau kamu mengharapkan hasil yang sempurna, skripsimu ngga akan pernah selesai. Supaya skripsimu lekas selesai, tips hindari stres saat skripsi yang perlu dilakukan adalah mulai menulis. Tulis aja dulu dengan free style (gaya bebas) kamu. Tulis semua yang sedang terlintas di pikiranmu.

  1. Ambil jeda istirahat dan lakukan hal-hal yang kamu suka.

Kamu mungkin tipe orang yang memberikan 100% waktu dan usahamu untuk mengerjakan skripsi supaya cepat lulus. Namun, kamu akan lebih cepat merasa stres jika berkutat dengan skripsimu terus-menerus.

0 Komentar