Doa Nuzulul Qur’an Dibaca Tepat Malam 17 Ramadhan

Doa Nuzulul Quran Dibaca Tepat Malam 17 Ramadhan
Ilustrasi gambar Al-qur'an (Tribun.kaltim.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Nuzulul Qur’an adalah ketika turunnya Al-Quran yang diperingati setiap tanggal 17 Ramadan. Salah satu cara untuk memperingati Nuzulul Qur’an adalah dengan memanjatkan doa Nuzulul Quran.

Pada bulan Ramadan tahun ini, Nuzulul Quran diperingati pada tanggal 19 April 2022. Terjadinya peristiwa Nuzulul Quran yaitu turunnya wahyu Allah SWT melalui malaikat Jibril yaitu Surat Al-Alaq ayat 1-5 kepada Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW menerima wahyu Surat Al-Alaq ayat 1-5 pada malam ke-17 Ramadhan di Gua Hiro. Setelah turunnya Surat Al-Alaq ayat 1-5, kemudian Al-Quran diturunkan secara berangsur kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga:Doa Menghilangkan Rasa CemasDoa Ketika Melepas Pakaian

Ada doa yang dianjurkan untuk diamalkan pada saat malam Nuzulul Quran. Dan Allah SWT berjanji akan mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang memperbanyak ibadah terutama saat Nuzulul Quran.

Berikut beberapa doa Nuzulul Quran yang dapat diamalkan dan dibaca. Dilansir dari suara.com

  1. Doa Memohon Syafaat saat Memperingati Nuzulul Quran

“Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur’an, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur aan.”

Artinya: “Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur’an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur’an, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Qur’an, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur’an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Qur’an.”

  1. Doa Menyambut Nuzulul Quran dan Memohon Ampun Orang Tua

“Allahummagfir Lii Wa Liwaalidayya Arhamhumaa Kamaa Robbayaanii Shoghiiroo”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka mendidikku semenjak kecil.”

  1. Doa saat Nuzulul Quran dan Memohon Ampun untuk Diri Sendiri

“Allahumma Innaka ‘afuwwun Tuhibbul ‘Afwa fa’fu anni”

Baca Juga:Doa Dimudahkan Dan Dilancarkan RezekiDoa Agar Kita Selalu Bersyukur

Artinya: “Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.”

0 Komentar