Jalan Penghubung Tomo – Jatigede Hampir Putus

Jalan Penghubung Tomo - Jatigede Hampir Putus
Seorang anggota kepolisian bersama warga saat memantau lokasi longsor di ruas Jatigede Tolengas yang memakan badan jalan, kemarin (ist)
0 Komentar

sumedang, TOMO – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Sumedang menyebabkan jalan penghubung Kecamatan Tomo menuju Kecamatan Jatigede mengalami longsor di wilayah Dusun Cariang Desa Darmawangi Kecamatan Tomo, Selasa (19/4) sore.

Kasi Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana menyampaikan pada Selasa (19/4) hujan lebat mengguyur wilayah Kecamatan Tomo mulai dari sore sampai malam hari. Sehingga, mengakibatkan adanya pergeseran tanah pada tebing jalan raya ruas Tolengas-Jatigede.

“Pergeseran tanah diakibatkan hujan deras dan debit air sungai Cisaar Wetan bertambah. Sehingga, mengikis tebing jalan dengan ukuran panjang 20 meter, tinggi 4 meter dengan lebar 2 meter hingga menghabiskan setengah badan jalan,” ucap Dedi, Rabu (20/4).

Baca Juga:Ramadan, Berkah Berjualan Aneka Kue dan Kuliner KhasDoa Sebelum Bekerja Dan Melaksanakan Aktivitas, Jangan Lupa Amalkan Selama Ramadhan

Dikatakan, jalur tersebut jmerupakan jalur tambang pasir serta jalur angkutan material batu dari Gunung Julang ke Proyek Bendungan Cipanas Ujungjaya. Akibatnya, beban berat kendaraan juga menyebabkan adanya penurunan tanah.

Kini, jalur yang mengalami longsor tersebut hanya bisa dilewati satu jalur sehingga diberlakukan buka tutup jalur.

Pihak Kepolisian menghimbau kepada masyarakat yang akan melintas jalur tersebut agar tetap waspada dan hati-hati karena longsor susulan masih berpotensi terjadi.

Sebelumnya, menjelang mudik hari Raya Idul Fitri, Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto meninjau langsung beberapa lokasi. Seperti Tol Cisundawu dan Jalan Raya Bandung-Cirebon, tepatnya jalan di Cireki yang mengalami ambles beberapa waktu lalu.

Kapolres menyampaikan dirinya turun langsung untuk mengecek jalur yang mengalami ambles, sehingga menghambat lajur kendaraan. Rencananya akan diberlakukan jalur satu arah selama duahari dari Rabu 20 April dan Kamis 21 April 2022.

“Rencananya mulai besok (Rabu (20/4) jalur tersebut akan dibuat satu arah karena akan dilakukan penimbunan agar yang ambles tingginya sama dengan badan jalan yang tidak rusak,” jelas Kapolres seusai mengecek beberapa lokasi, Selasa (19/20).

Dikatakan, pihaknya akan melakukan penebalan personel untuk mengatur arus lalulintas di area Cireki.

Baca Juga:Doa Masuk Dan Keluar MasjidDoa Bangun Tidur

“Kedua duanya satu arah, tergantung situasi mana yang antriannya lebih panjang, disana durasi untuk satu arahnya lebih lama. Jadi bergantian jalurnya,” katanya.

0 Komentar