SMK Bhakti Nusantara Gelar Bubos di Penutupan SmartTren

SMK Bhakti Nusantara Gelar Bubos di Penutupan SmartTren
Para siswa SMK Bhakti Nusantara mendapatkan sertifikat Program Smarttren Ramadan dari Kepala Sekolah Ricki Cahyana Yuswa SSos beberapa waktu lalu (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Kegiatan SmartTren di SMK Bhakti Nusantara Sumedang diwarnai kegiatan Buka bersama on The Street (Bubos).

“Dengan mengusung tema ‘Kokohkan hati dan Taklukan dunia dengan Al- Quran’, kami berharap siswa kami bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan berakhlakul Kharimah,” kata Kepala SMK Bhakti Nusantara Sumedang Ricki Cahyana Yuswa melalui penanggung jawab kegiatan SmartTren Taufik Abdurohman kepada Sumeks, belum lama ini.

Dikatakan, kegiatan rutinitas SmartTren yang dilaksanakan selama ini terfokus pada project-project sosial, project bersih-bersih masjid di lingkungan siswa serta bhakti sosial kepada masyarakat sekitar lingkungan.

Baca Juga:Sumedang Perintis Implementasi Program Satu Data Indonesia, Launching Bertepatan dengan Hari Jadi ke 444Eco Enzyme Kaya Manfaat, Pemdes Ajak Warga Produksi

“Kegiatan sendiri dimulai dari 11 April hingga 23 April 2022 dengan peserta kelas 10 dan 11,” ujarnya.

Disebutkan, kegiatan pertama diawali dengan materi Al-Quran yang jadwalnya dimulai dari pukul 7.45 sampai dengan 9.00 dengan melaksanakan pembiasaan dzikir, pembiasaan baca Al-Quran serta pembacaan aurod dan dzikir.

“Khusus untuk hari Rabu, dilakukan giat shalat Dhuha berjemaah,” ucapnya.

Sedangkan pada materi kedua dan ketiga, dari pukul 09.00 pagi sampai pukul 11.00 siang, mengusung tema Al -Quran yang berkaitan dengan teknologi, Al-Quran yang berkaitan dengan kesehatan dan Al-Quran yang berkaitan dengan fenomena alam. Kemudian, Al- Quran yang berkaitan dengan sosial masyarakat.

“Karena merupakan suatu bekal ilmu yang diperlukan oleh peserta didik, bagaimana mereka menjadi insan yang berguna bagi masyarakat,” tuturnya.

Kegiatan tersebut, nantinya akan masuk kepada laporan agenda kegiatan Rhomdoniah Ramadan.

“Laporanya secara online yang di cek pakai Google Form. Kegiatanya diisi oleh masing – masing peserta didik di rumah,” ujarnya.

Program SmartTren berdampingan dengan kegiatan Bubos (Buka Bersama On The Street) yang masuk ke program Rantang Cinta pramuka merupakan program Dinas Pendidikan Provinsi.

Baca Juga:BNN: IBM di Sumedang Berjalan BaikKapolda Jabar Tinjau Jalur Mudik di Sumedang

“Dilaksanakan di sepanjang jalan Angkrek dari pertigaan Bojong lampu merah sampai pertigaan Angkrek yang di Sindangraja. Itu setiap kelas sudah mempersiapkan  produk-produk takjilnya masing-masing yang akan dibagikan ke masyarakat di pengguna jalan,” katanya. (ahm)

0 Komentar