Kampung Cigumentong Puluhan Tahun Tidak Teraliri Listrik, Kini Bisa Nikmati Internet

Kampung Cigumentong Puluhan Tahun Tidak Teraliri Listrik, Kini Bisa Nikmati Internet
Seorang warga Kampung Cigumentong tengah berjalan dekat tiang listrik (ist)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Derita puluhan tahun Kampung Cigumentong RT 3 RW 9 Dusun 4 Leuwiliang Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung tak teraliri listrik, akhirnya berakhir.

Listrik dari PT PLN (Persero) sudah menerangi Kampung Cigumentong yang dulunya gelap gulita.

Sebenarnya, sebagian warga di kampung tersebut sebelumnya sudah ada yang menikmati aliran listrik. Namun itu bantuan alat pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dari Universitas Padjajaran (Unpad).

Baca Juga:Warga Prihatin Jalan Kabupaten Belum Ada PerbaikanIstri Kades di Darmaraja, Sikapi Oknum Kades Nakal

Selain itu, ada sebagian warga yang memiliki penerangan listrik hasil ‘nyolok’ dari kampung lain yang berjarak 2 kilometer.

Sebelumnya, warga berulangkali mengajukan ke Perusahaan Listrik Negara (PLN) namun tak pernah ditanggapi. Tetapi, akhirnya warga bisa menikmati terangnya listrik.

Mewakili masyarakat, Kepala Desa Sindulang Ujang Supriatna SPd bersyukur atas mengalirnya listrik di wilayahnya. Penantian panjang puluhan tahun, akhirnya berbuah manis.

“Perusahaan Listrik Negara (PLN). Aliran listrik tersebut dapat membantu aktivitas dan peningkatan ekonomi warga,”kata Ujang di kantornya, Kamis (12/5).

Menurut Ujang, pengadaan listrik di Kampung Cigumentong merupakan hasil kerja sama Pemkab Sumedang dengan PLN Jawa Barat dan akhir tahun 2021 kampung tersebut sudah bisa menikmati listrik dari PLN.

“Di Kampung Cigumentong itu ada 14 KK 12 rumah mereka sudah bisa memiliki televisi sebagai sarana informasi termasuk ada internet juga yang masuk perkampungan itu,” terangnya lagi.

Meskipun begitu, kata Ujang   walaupun sudah ada internet tetapi jaringannya kurang begitu bagus. “Mungkin saja terkendala sinyal karena kampung Cigumentong berada di tengah pegunungan,” paparnya. (kos)

0 Komentar