Menteri Pertanian Awasi PMK di Perternak Sapi

Menteri Pertanian Awasi PMK di Perternak Sapi
Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo bersama anggota komisi 4 DPR RI H Sutrisno saat mengunjungi peternak sapi di Dusun Cikeuyeup, Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor, kemarin (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATINANGOR – Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo bersama anggota Komisi 4 DPR RI H Sutrisno kunjungi peternak sapi di Dusun Cikeuyeup, Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor, Rabu (18/5).

Kunjungan kerja Menteri di Kabupaten Sumedang itu untuk memastikan pengawasan terhadap sapi yang memiliki Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Di jajaran pemerintah khususnya di Kementerian Pertanian dan Dirjen Peternakan telah bergerak untuk antisipasi perkembangan dari suspek PMK,” terang Sahrul Yasin Limpo.

Baca Juga:Miris, Anggaran Obat-obatan Hewan Ternak Sangat MinimSYL: Daging Hewan PMK Masih Bisa Dikonsumsi

Seperti diketahui, saat ini sedang marak hewan ternak sapi dan kambing di Tanah Air terjangkit penyakit PMK.

Salah satu peternakan sapi di Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang diketahui turut mengalami penyakit PMK. Kedatangan Menteri Pertanian tersebut untuk memeriksa hewan yang terjangkit penyakit tersebut.

Ia menjelaskan, dari 48 Kabupaten yang ada di Indonesia, diketahui beberapa hewan ternaknya terjangkit penyakit PMK.

“Untuk saat ini kami sudah melakukan pemantauan di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Sumedang dalam penyebaran penyakit PMK terhadap hewan ternak,” ucapnya.

Menteri memastikan sudah mengintervensi Sumedang sambil proses yang berjalan. Antara lain intervensi obat-obatan, vitamin dan obat lainnya.

Syahrul memaparkan, penggunaan obat dari bahan alami atau herbal untuk hewan ternak turut diberikan guna mempercepat sekaligus mencegah meluasnya penyakit PMK. (kos)

0 Komentar