Garam Bisa Mengusir Ular, Mitos Atau Fakta?

Garam Bisa Mengusir Ular, Mitos Atau Fakta?
Foto:Shutterstock
0 Komentar

sumedangekspres – Ahli mengklarifikasi mitos bahwa garam bisa mengusir ular menggunakan bau bau menyengat sebenarnya tidak efektif.

Ahli Herpetologi Pusat Riset Biologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Amir Hamidy menjelaskan mengusir ular lebih tepat dilakukan untuk memberikan bau bau an yang menyengat.

Sementara itu, garam dapat mengusir binatang lainnya namun tidak berlaku untuk ular.

Baca Juga:Terkenal Sebagai Crazy Rich Indonesia Menikahi Sandra Dewi, Inilah Fakta Biodata Harvey Moeis3 MANFAAT MINUM AIR PUTIH DI PAGI HARI

  1. Bau Menyengat Dapat Mengusir Ular

Amir menjelaskan, bau bau menyengat sangat sensitif terhadap ular sehingga dapat mengusir ular.

Dan jika ada masyarakat yang menemukan ular di sekitar tempat tinggalnya segeralah mengambil barang-barang yang ada dirumah yang memiliki bau menyengat atau tajam seperti pengharum ruangan juga berpengaruh.

  1. Menggunkan Alat Bantu

Namun jika tidak memiliki barang-barang tersebut, ular dapat diusir dengan sapu, tongkat, atau peralatan lain asalkan tidak menggunakan tangan kosong.

  1. Memanggil Damkar

Meski demikian sangat disarankan untuk memanggil Pemadam Kebakaran (Damkar) atau pihak professional yang biasa menangani ular untuk meminimalisir risiko.

Kemudian selagi menunggu bantuan datang,kita bisa menutup semua akses keluar ruangan tempat ular berada agar ular itu tidak kabur hingga  pemadam kebakaran atau pihak profesional datang.

Lebih lanjut lagi Amir menjelaskan bahwa musim mentasnya telur-telur ular di musim penghujan dari November hingga Januari.

Bahkan ular-ular ini kerap muncul di wilayah pemukiman dan bersarang disana. Tentu kehadiran ular-ular ini meresahkan masyarakat, terlebih jika ular tersebut jenis ular berbisa.

Baca Juga:Ruas Jalan Warung Ketan-Cicau Perlu PeningkatanBabinsa Amankan Pelaku Penjambretan, Usai Menjambret, Sempat Diamuk Massa

Amir memaparkan ada lima jenis ular yang umum ditemui di wilayah pemukiman pulau Jawa, khususnya Jabodetabek.

Dari jenis-jenis ular tersebut yang termasuk ular berbisa hanyalah ular cobra dan ular weling. (PKL 3)

Sumber: cnnindonesia.com

0 Komentar