Gagal Berangkat Haji, Endang Ikhlas 

Gagal Berangkat Haji, Endang Ikhlas 
Endang Darsono menunjukan perlengkapan haji yang sudah disiapkan (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Adanya kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang membatasi usia maksimal 65 tahun bagi jemaah haji, membuat banyak orang gagal berangkat haji. Salah satunya Endang Darsono (68), warga Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara.

Dia mengaku ikhlas walau keberangkatannya untuk menunaikan ibadah haji tertunda 2 kali berturut turut.

“Sedih tapi ini kan ibadah, Allah yang menentukan segala sesuatunya. Jadi saya harus menerimanya,” buka Endang saat dijumpai di kediamannya.

Baca Juga:Satpol-PP Sumedang Cek Perusahaan di CimanggungPenjual Makanan Ringan Diburu Pembeli

Endang mulai menabung dan mendaftar di KBIH sejak tahun 2013. Endang dijadwalkan berangkat pada tahun 2020, namun gagal karena adanya pandemi Covid-19.

“Menabung dari 2013, kalau lihat jadwal harusnya 2020, tapi kan karena ada covid ibadah haji ditutup,” ucap Endang.

Saat pemberangkatan haji sudah di buka kembali ada, Arab Saudi mengeluarkan kebijakan baru. Dimana, batas usia para calon jemaah haji maksimalnya 65 tahun.

“Sekarang, sedihnya itu karena yang bisa berangkat hanya sebagian, sedih pasti ada,” ujarnya.

Endang sendiri bertekad untuk tidak akan menarik uang yang telah ditabungnya untuk ibadah haji. Meski, faktor usia serta kebijakan Pemerintah Arab Saudi sendiri belum diketahui pasti bakal seperti apa untuk kedepannya.

“Ke depan akan bagaimana itu kehendak Allah saja, semoga Allah mencatat apa yang telah saya niatkan selama ini untuk menunaikan ibadah haji,” pungkasnya. (kga)

0 Komentar