7 Cara Memasak Tanpa Digoreng

7 Cara Memasak Tanpa Digoreng
7 Cara Memasak Tanpa Digoreng (Foto: iStock-istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Selain menggoreng dengan menggunakan minyak, banyak pula cara lain untuk memasak. Diantaranya yaitu dengan cara mengukus, merebus, sampai memanggang.

Dibandingkan memasak dengan olahan, sebagian orang lebih suka mengonsumsi makanan yang digoreng. Karena memiliki rasa yang lebih gurih, enak serta ada sensasi pada mulut. Akan tetapi banyak cara memasak yang bisa menjadi lebih enak.

Sangat tidak sehat apabila mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng memakai minyak. Jika mengonsumsi terlalu banyak akan mendapatkan resiko seperti mendapatkan penyakit. Namun, dalam jumlah wajar mungkin tidak akan mendapatkan dambak yang berarti.

Baca Juga:Tokoh Cendekiawan Muslim di Bidang Ilmu TafsirAlun-Alun Sumedang Jadi Tempat Fotografi

Yuk simak ulasan berikut agar mengetahui cara sehat memasak tanpa digoreng.

Pilihan Memasak Tanpa Digoreng

Memasak tanpa menggunakan minyak adalah cara yang lebih sehat. Berikut beberapa tips memasak tanpa digoreng untuk menghasilkan makanan sehat diantaranya:

1. MEMASAK DENGAN MENGGUNAKAN AIR

Jangan dibiasakan menggoreng dengan menggunakan minyak, tetapi, biasakanlah menggoreng menggunakan air atau kaldu sayuran. Caranya, mau bisa menumis bawang cincang dengan sedikit minyak dan tambahan garam secukupnya. Setelah itu, tambahkan air serta tumis bahan masakan.

2. MENGUKUS

Cara untuk memasak makanan yaitu menggunakan uap dari cairan yang dipanaskan. Berikut beberapa cara memasaknya:

• Isi panci dengan cairan dan panaskan sampai mendidih.
• Tempatkan makanan di wadah berlubah di atas cairan.
• Tambahkan bumbu makanan untuk memberikan rasa pada bahan makanan yang dikukus.

Kamu bisa mengolah makanan seperti daging, ikan, dan ayam dengan cara dikukus atau ditim. Makanan yang dikukus mengandung kadar lemak dan kolesterol yang lebih rendah, sehingga lebih menyehatkan. Selain itu, mengukus juga bisa membuat makanan jadi lebih harum dan menggugah selera.

3. MEREBUS

Metode memasak ini membuat daging dan sayuran terasa lebih empuk dan kaya rasa. Daripada mengonsumsi ayam goreng, kamu bisa mengonsumsi ayam rebus yang jauh lebih baik untuk kesehatan dan tidak membuat gemuk. Kamu bisa membuat sup dengan menggunakan air atau kaldu mendidih, lalu tambahkan daging ayam dan sayuran ke dalamnya.

4. PEPES

Baca Juga:Tata Cara dan Bacaan Sholat GaibMUI Jabar Ajak Masyarakat Menggelar Sholat Ghaib untuk Eril

Cara memasak khas Sunda ini punya rasa yang tidak kalah lezat jika dibandingkan dengan gorengan. Lauk yang dilumuri dengan rempah dan bumbu kemudian akan dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Metode ini akan membuat makanan terasa sangat lezat. Kamu bisa membuat pepes tahu, ikan, atau jamur sebagai alternatif lauk pengganti gorengan.

0 Komentar