Cara Menghadapi Berita Hoaks agar Tidak Mudah Terhasut

Cara Menghadapi Berita Hoaks agar Tidak Mudah Terhasut
istimewa/Ilustrasi hoaks
0 Komentar

sumedangekspres – Harus kita waspadai bersama, adanya kemunculan berita hoaks. Kita jangan sampai mudah tergiur oleh berita-berita yang simpangsiur tanpa kenal waktu dan begitu mudahnya dibagikan ke berbagai media sosial.

Berpotensi menular dengan cepat, berita hoaks jika diposting di berbagai media sosial dan dibaca oleh ribuan orang. Selain itu, dengan adanya berita hoaks tersebut akan banyak orang yang terhasut. Menjadi terpecah belah dan saling curiga serta memusuhi, ini juga berdampak buruk bagi masyarakat karena adanya berita hoaks.

Agar tidak mudah terhasut, berikut 5 tips menghadapi berita hoax:

1. Cermati alamat situs

Langkah awal ialah dengan cara mencari alamat situs yang memuat berita tersebut. Namun, berita yang ditulis sangat diragukan kebenarannya jika berasal dari situs yang belum terverifikasi, seerti domain blog.

2. Cek judul berita

Baca Juga:6 Tips dan Trik UMKM Kuliner Sukses Raup Cuan Selama PandemiBahaya! Ini Efek Buruk yang Mengintai Jika Terbiasa Tidur dengan Lampu Menyala, Berikut Tips dan Trik Bagi yang Takut Gelap

Dengan judul yang provokatif biasanya mengandung berita hoaks, yang bertujuan untuk menggiring orang-orang agar mau membaca dan mempercayainya. Jadi, jika kita mendapatkan berita jangan langsung percaya, baca dulu judulnya, terus baca isinya sampai habis, kemudian cari kebenarannya.

3. Memeriksa fakta

Dengan cara meneliti sumber berita tersebut, kita bisa memeriksa fakta dengan cara berikut. Bisa dipercaya kebenarannya, jika berita tersebut berasal dari institusi resmi seperti KPK dan POLRI. Telusuri terlebih dahulu kebenaran berita tersebut. Namun, jika berita tersebut diposting oleh pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat, maka jangan langsung dipercaya.

4. Cek keaslian foto atau video

Berikutnya tips menghadapi berita hoaks adalah dengan mengecek keaslian foto dan video yang disertakan dalam berita tersebut. Jangan sampai kita langsung terhasut dengan foto dan video yang disebar, karena bisa saja foto atau video itu sudah diedit atau mencomot dari sumber yang tidak jelas.

5. Bergabung dengan grup diskusi antihoaks

Fungsi bergabung dengan grup antihoaks (semisal grup Facebook Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax atau FAFHH) tersebut adalah agar kita bisa berdiskusi dengan banyak orang dan bisa mengetahui tentang berita yang sedang viral berdasarkan sumber yang terpercaya.

Inilah lima tips menghadapi berita hoaks agar tidak lekas terhasut. Semoga bermanfaat. (PKL3/Salma)

0 Komentar