Destana Rancamulya, Siap Hadapi Jika Ada Bencana

Destana Rancamulya, Siap Hadapi Jika Ada Bencana
Bendahara Desa Rancamulya Rahmawati saat ditemui Sumeks di kantornya (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara mengacu pada intruksi Bupati dan undang Undang No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Hal itu merupakan suatu kesiap siagaan Desa dalam menghadapi bencana.

Seperti disampaikan Kepala Desa Rancamulya Oteng Sulaeman melalui Bendahara Desa Rancamulya Rahmawati Pada Sumeks di kantornya, Rabu (8/6).

“Pembentukan Desa Tanggap Bencana (Destana) yang diintruksikan Bupati itu sangat kami dukung. Karena, Destana itu merupakan salah satu ikhtiar Pemerintahan Desa agar masyarakat di desa dan sukarelawan desa tangguh serta tanggap bencana. Sehingga, kalau terjadi bencana bisa segera ditanggulangi,” katanya.

Baca Juga:Ujian di Sekolah, Baik Untuk SiswaKacang Koro Harus Memberdayakan Masyarakat Sekitar

Rahmawati menuturkan, pembentukan Destana di Desa Rancamulya sudah dilaksanakan tanggal 6 Mei 2022. Dikukuhkan dengan surat Keputusan Kepala Desa Rancamulya Nomor: 141.1 /SK 21/v/DS/ 2022.

Dijelaskan, susunan organisasi yaitu Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara serta 9 bidang lainnya. Diantaranya, Bidang Perencanaan, Bidang Penguatan SDM, Bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi, Bidang Mitigasi Bencana, Bidang Pencarian, Bidang Pencarian dan Penyelamatan, Bidang Kesehatan, Bidang Pengungsian dan Perlindungan, Bidang Logistik serta Bidang Sarana Prasarana.

“Sekarang program Destana ini sudah mulai pada tahapan sosialisasi pada masyarakat yang tinggal di daerah yang letak tanahnya dianggap rawan bencana,” katanya.

Rahmawati mengatakan dengan adanya pembentukan Destana diharapkan kalau terjadi bencana di Desa Rancamulya, minimal di Desa itu sudah siaga, ada tim khusus untuk menanganinya. Baik dalam penanggulangan ataupun penyediaan sarana prasarana untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana tersebut dengan cepat.

Rahmawati mengimbau untuk warga Desa Rancamulya yang tinggal di dataran tinggi khususnya, diharapkan selalu siaga apalagi di musim penghujan. Apabila terjadi suatu bencana, baik itu longsor ataupun lainya segera koordinasi ke kantor desa.

“Karena di Pemerintahan Desa Rancamulya sudah ada tim dan relawan yang dikhususkan untuk menangani bencana. Tetapi kami semua berharap desa kami dijauhkan dari adanya bencana,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar