Tips dan Trik Seorang Introvert Membuat Jaringan dengan Mudah

Tips dan Trik Seorang Introvert Membuat Jaringan dengan Mudah
ilustrasi Introvert (Istimewa/undepress.net)
0 Komentar

sumedangekspres – Setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda, ada yang introvert dan ekstrovert. Akan lebih mudah dan terbuka untuk berinteraksi sosial apabila anda memiliki kepribadian ekstrovert .

Namun, kebalikannya jika anda memiliki kepribadian intovert yakni sulit untuk berinteraksi dan membangun jaringan dengan orang lain.

Untuk membentuk jaringan sangatlah diperlukan sebagai salah satu keran informasi dan anjuran untuk meningkatkan pengembangan karir seseorang.

Baca Juga:6 Cara Merawat Kuku Secara Alami Agar Sehat dan KuatCara agar Nasi Tidak Cepat Basi, Lakukan Hal Ini agar Lebih Tahan Lama dan Tidak Mubazir

Maka dari itu, penting bagi seorang introvert bukanlah suatu tugas yang biasa dan sanggup menjadi sangat menakutkan untuk melakukannya.

Agar dapat berinteraksi dengan orang lain, tidak ada kata terlambat untuk mencoba melakukannya. Oleh karena itu, bagi anda yang termasuk ke dalam kepribadian introvert cobalah untuk keluar dari zona nyaman.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Jumat (27/11/2020) membantu seorang introvert agar dapat berinteraksi dengan lancar, simak berikut tips nya!!

1. Jaringan online
Berkomunikasi adalah salah satu hal yang paling menantang bagi seorang berkepribadian introvert, sehingga dapat merasa cemas dan tidak nyaman.

Sehingga beruntung bagi para intovert karena di era digital ini menawarkan peluang untuk membangun jaringan secara online.

Anda dapat menggunakan platform media sosial yang ada dan bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan minat Anda.

2. Jaringan pribadi
Membangun jaringan tidak perlu dilakukan dengan kerumunan atau orang yang banyak karena dapat menjadi hal yang menakutkan, sehingga solusinya adalah Anda dapat membangun jaringan pribadi.

Baca Juga:Tips Aman Mengiris Bawang Merah Tanpa MenangisIntrovert? Susah Bergaul dan Berkomunikasi Dengan Orang Lain? Berikut 4 Tipsnya

3. Bawalah teman
Jika Anda diundang ke suatu acara dengan jaringan yang besar dan penuh dengan orang asing maka akan menimbulkan teror bagi introvert, maka solusinya adalah bawalah seseorang yang dapat membantu meredakan kegugupan Anda.

Ada baiknya membawa teman yang memiliki tipe ramah yang bisa memulai percakapan dengan orang asing.

4. Jangan lupa jaringan lama
Mengenal orang baru memang menyenangkan, namun jangan lupa akan teman lama. Selalu berikan waktu untuk mengirim email ke jaringan lama hanya untuk menanyakan kabar terbaru tentangnya.

5. Tindak lanjut
Setelah bertemu dengan orang baru, segera untuk tindak lanjuti kontak baru tersebut setelah bertemu dengan orang baru. Gunanya agar dapat lebih mendekatkan diri dan percaya diri sehingga Anda dapat keluar dari zona nyaman.

0 Komentar