Berikut 6 Cara Merawat Rambut Rontok dan Kusam bagi Ibu Menyusui

Berikut 6 Cara Merawat Rambut Rontok dan Kusam bagi Ibu Menyusui
istimewa/id.theasianparent.com
0 Komentar

sumedangekspres – Bagi kaum wanita, mempunyai rambut rontok adalah hal menjengkelkan yang perlu dihindari. Tetapi, sewaktu-waktu rambut rontok jadi salah satu yang dikeluhkan oleh ibu hamil dan menyusui.

Melansir Mayo Clinic, dalam dunia medis rambut rontok saat menyusui dikenal dengan istilah postpartum hair loss atau kerontokan pascamelahirkan. Artinya, menyusui ataupun tidak, kebanyakan ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami kerontokan pada rambutnya. Hal ini adalah kondisi yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Perubahan tidak hanya terjadi pada tubuh saat hamil, namun juga pada hormon. Sementara hormon mengalami peningkatan saat hamil antara lain estrogen, progesteron, oksitosin, dan prolaktin. Selain itu, volume darah dan sirkulasi dalam tubuh meningkat saat hamil. Dapat membuat rambut anda menjadi lebih tebal dan kuat selama hamil ini terjadi pada perubahan hormon dan sirkulasi darah.

Baca Juga:Pengurus Lumbung Sumedang DikukuhkanPasirnanjung Wakili Cimanggung di BBGRM Kabupaten

Tak hanya itu, kadar hormon estrogen dan progesteron mengalami penurunan setelah bayi lahir. Secara bertahap volume darah mengalami penurunan dan kembali normal beberapa minggu setelah melahirkan. Nah, perubahan inilah yang menyebabkan rambut rontok.

Namun wajar, agar bisa mengurangi masalah rambut rontok tersebut anda tetap membutuhkan perawatan.
Carilah tips produk perawatan yang tidak menyebabkan produksi ASI dan mengakibatkan alergi pada bayi.

Simak 6 tips merawat rambut rontok dan kusam bagi ibu menyusui

Sejumlah bahan alami bisa Anda pilih untuk merawat rambut rontok dan kusam Di antaranya adalah dengan memijat kulit kepala dengan campuran lidah buaya dan jeruk nipis. Cara membuat campuran ini pun cukup mudah, tinggal ambil daging lidah buaya, kemudian beri perasan jeruk nipis. Setelah itu gunakan untuk memijat kulit kepala dan diamkan 30 menit, lalu bilas dengan keramas.

Sensasi segarnya bisa Anda rasakan saat proses perawatan ini. Selain bisa mengurangi kerontokan rambut, lidah buaya juga bisa menguatkan akar rambut dan perasan jeruk nipis bisa mengurangi ketombe.

Pijat dengan Minyak Kelapa Murni

Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni juga bisa Anda jadikan andalan untuk merawat rambut rontok di masa menyusui. Sama seperti lidah buaya dan jeruk nipis, Anda bisa memijat kulit kepala dengan VCO secara rutin dua minggu sekali, selama 30 menit sebelum keramas. Proses memijat kulit kepala ini bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan merangsang pertumbuhan rambut.

0 Komentar