4 Penyebab dan Cara Menghilangkan Pegal Di Betis

4 Penyebab Pegal Di Betis Serta Cara Mengatasinya
ilustrasi/istimewa/klikdokter.com
0 Komentar

sumedangekspres – Melakukan peregangan, meletakkan kompres es batu, rendam air hanga adalah beberapa cara menghilangkan pegal di betis.

Salah satu penyebab betis pegal yaitu melakukan aktivitas yang sangat berat. Hal ini akan mengganggu aktivitas dan tidak nyaman. Tetapi tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan pegal di betis yang bisa anda lakukan.

Pegal di betis sering dikaitkan dengan kram otot, namun ada beberapa faktor yang dapat memicunya. Ada baiknya ketahui terlebih dahulu penyebab betis pegal sebelum mengetahui cara mengatasinya agar tidak keliru.

Penyebab Betis Pegal

Baca Juga:10 Manfaat Teh Hitam Bagi Tubuh7 Manfaat Kentang Bagi Ibu Hamil

Kondisi ini lebih sering dialami oleh orang yang berolahraga serta memberi tekanan lebih pada otot betis. Maka dari itu, cedera ringan seperti kram otot betis adalah akibat paling umum yang sering terjadi.

Berikut beberapa penyebab betis pegal

1. KRAM OTOT

Ketika otot tiba-tiba berkonstraksi dan menyebabkan kejang otot yang menyakitka adalah kram otot. Otot akan terasa pegal selama berjam-jam, tetapi berlangung hanya selama beberapa detik.

Kram otot betis sering terjadi pada orang yang berolahraga. Karena, kondisi tersebut bisa memicu aktivitas fisik berkepanjangan, kurang peregangan, dehidrasi, hingga hpilangnya elektrolit melalui keringat.

2. TEGANG OTOT

Tegang otot menyebabkan betis terasa pegal
Betis terasa pegal dapat disebabkan oleh tegang otot. Kondisi ini terjadi ketika serat otot di betis robek sebagian atau seluruhnya.

Otot betis tegang dapat dipicu oleh kelelahan otot, penggunaan otot berlebihan ataupun tidak tepat. Misalnya, memulai olahraga baru atau meningkatkan latihan fisik yang melibatkan kaki, seperti berenang dan bersepeda, bisa membuat otot betis tegang.

Penderita kondisi ini umumnya mengalami pegal dan nyeri yang tajam secara tiba-tiba di bagian otot betis tersebut.

3. VARISES

Selain timbul garis biru pada permukaan betis, varises juga bisa menyebabkan pegal pada bagian betis.

Baca Juga:5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Tanpa Keluar Biaya BanyakTips Merawat Blender Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Varises adalah pembengkakan pembuluh darah vena yang umumnya terjadi di bagian kaki akibat penumpukan darah.

Kondisi ini menyebabkan rasa sakit, kram, dan pegal-pegal pada betis. Beberapa faktor yang dapat memicu varises, yaitu usia, riwayat keluarga, kehamilan, obesitas, dan kurangnya aktivitas fisik.

0 Komentar