Antipasi Bencana, Jatihurip Bentuk Destana

Antipasi Bencana, Jatihurip Bentuk Destana
Kepala Desa Jatihurip Tata saat ditemui Sumeks di kantornya (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Pemerintah Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara telah membentuk tim Desa Tanggap Bencana (Destana). Itu dilakukan zntuk penanggulangan dan antisipasi bencana secara cepat yang merupakan suatu kesiap siagaan Pemerintahan Desa dalam menghadapi dan menanggulangi adanya bencana.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Jatihurip Tata kepada Sumeks beberapa waktu yang lalu.

“Dengan adanya intruksi Bapak Bupati terkait adanya bencana yang menimpa desa lain di Kabupaten Sumedang, maka Pemeritah Desa Jatihurip sudah membentuk tim Desa Tanggap Bencana ( Destana ),” ujar Tata.

Baca Juga:Cikole Prioritaskan Ternak KambingFakultas Peternakan UNPAD Berikan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak

Dia menambahkan Destana di Desa tersebut sudah dibentuk dari tanggal 6 Mei 2022, yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa Jatihurip Nomor : 362/ Kep .35/V/2022.

Dijelaskan, susunan organisasi yaitu Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara serta 9 Bidang lainnya. Diantaranya, Bidang Perencanaan, Bidang Penguatan SDM, Bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi, Bidang Mitigasi Bencana, Bidang Pencarian, Bidang Pencarian dan Penyelamatan, Bidang Kesehatan, Bidang Pengungsian dan Perlindungan, Bidang Logistik, dan terakhir Bidang Sarana Prasarana.

“Untuk kepengurusan organisasi Destana di Desa Jatihurip Ketua dijabat saya pribadi dengan Wakil Ketua dijabat Ketua BPD Desa Jatihurip. Sementara untuk Sekretaris dijabat oleh Sekretaris Desa Jatihurip serta untuk bidang-bidang lainya itu di jabat dari aparatur Pemerintah Desa yang dibantu oleh tokoh masyarakat, LSM dan BPD,” katanya.

Tata mengimbau warganya untuk waspada karena di musim penghujan sekarang, banyak kejadian-kejadian bencana di Desa lain yang tidak terduga. Maka, pertama harus waspada dalam hal menyikapi kalau ada kejadian – kejadian bencana. Sebaiknya sesegera mungkin melaporkanya ke kantor Desa atau perangkat terdekat untuk dikordinasikan dengan tim Destana yang sudah dibentuk dan dilatih dalam penanganan antisipasi bencana.

“Tim Destana kami akan segera menanggulanginya,” tegasnya.

Kedua, pihaknya berharap Desa Jatihurip dijauhkan dari bencana yang bisa membahayakan masyarakat Desa tersebut meskipun sudah dibentuk tim Destana. (ahm)

0 Komentar