Siaga SAR Ikut Event SAJA

Siaga SAR Ikut Event SAJA
Beberapa personil bernaris saat penutupan pelatihan teknis water rescue atau pertolongan di permukaan air bagi potensi SAR di kawasan wisata Pantai Pangandaran (ist)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) turut berpartisipasi pada event Susi Air Jamboree Aviation (SAJA) 2022 yang berlangsung di Taman Dirgantara Susi’s International Beach Strip.

Basarnas melaksanakan Siaga SAR khusus untuk merespon cepat jika terjadi kedaruratan selama kegiatan berlangsung. Basarnas mengerahkan helikopter Doulphin HR-3606, jet ski, rescue car, dan berbagai peralatan SAR lainnya di area jambore.

Event tersebut dibuka oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 sekaligus Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Aviation Susi Pudjiastuti.

Baca Juga:Kadiskominfo Garut Berharap RTIK Bisa Jadi Mitra Pemerintah Dalam Literasi DigitalMasyarakat Antusias Saksikan Ta’aruf

“Selain hobi, kegiatan Susi Air Jambore Aviation ini sebagai media untuk mendekatkan kedirgantaraan kepada masyarakat,” kata Susi yang juga host Susi Cek Ombak tersebut.

Ia menegaskan, kedirgantaraan sangan relevan untuk menikmati keindahan alam Indonesia yang identik dengan negara kepulauan. “Indonesia ini sangat indah jika melihatnya dari atas,” imbuhnya.

Jambore yang dihadiri oleh para pecinta kedirgantaraan nusantara tersebut diikuti puluhan pesawat, diantaranya milik Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi. Bahkan, pada kesempatan tersebut, Kabasarnas sempat melakukan manuver dengan pesawat PK-S325 yang ia rakit sendiri.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi mengatakan Siaga SAR Khusus memback up kegiatan Susi Air Jambore Aviatio. Basarnas juga melakukan simulasi evakuasi medis udara dan pameran peralatan SAR.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan pembinaan potensi SAR dengan pelatihan water rescue di Pantai Pangandaran dan rapat Forum Koordinasi Potensi SAR wilayah kerja Kantor SAR Bandung,” kata Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

SAJA diisi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya, beach clean up bersama Pandu – beach strip untuk cagar alam oleh seluruh tamu dan peserta jambore, penerbangan joy flight dengan mengajak warga sekitar terbang menggunakan pesawat Susi Air, akrobat udara oleh peserta jambore, skydivers, dan demo evakuasi medis udara oleh Basarnas. (kos)

0 Komentar