Hari Ini Presiden Jokowi Ulang Tahun Ke-61

Hari Ini Presiden Jokowi Ulang Tahun Ke-61
0 Komentar

sumedangekspres – Tepat hari ini, Selasa 21 Juni 2022, merupakan hari kelahiran atau ulang tahun Presiden Joko Widodo ( Jokowi ).

Pria yang akrab disapa Jokowi itu menginjak usia 61 tahun.

Presiden Jokowi lahir di Rumah Sakit Brayat Minulya Surakarta, Suami dari Iriana itu memiliki nama kecil Mulyono. Setelah Mulyono berulang kali sakit, akhirnya kedua orang tuanya mengganti nama menjadi Joko Widodo.

Presiden RI itu lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Dari empat orang bersaudara Jokowi merupakan anak pertama.

Baca Juga:Cara Jadi Pengusaha Muslim Sukses Sesuai syariahHal yang Harus Dilakukan saat Berhubungan Intim sesuai dengan Syariat Islam

Jokowi hidup dalam keluarga sederhana semasa ia kecil. Di sekitar bantaran kali Karanganyar Ayahnya bekerja sebagai penjual kayu.

Dia menempuh pendidikan dasar dan menengah di Solo. Kemudian, ia berkuliah di Universitas Gadjah Mada. Ia lulus pada 1985 setelah menyelesaikan skripsi berjudul ” Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta”.

Seusai kuliah, Jokowi mencoba berkarier di sejumlah perusahaan kayu. Pada 1988, ia mendirikan usaha kayu dengan nama CV Rakabu.

Jokowi menikah dengan Iriana pada 1986. Mereka memiliki tiga anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Ia memiliki empat cucu. Mereka bernama Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Mana, Sedah Mirah Nasution, dan Al-Nahyan Nasution.

Soal karier politik, Jokowi memulainya pada 1998. Dia bergabung dengan PDIP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri.

Jokowi menjadi Wali Kota Sureakarta pada 2005. Ia berpasangan dengan FX Hadi Rudyatmo dalam pilkada tersebut.

Baca Juga:Grup Kasidah Lokal Yang TerkenalAyu Ting Ting mendapatkan kejutan saat ulah dari Jordi Onsu, Mereka Diduga Pacaran

Dia menjabat selama dua periode. Setelah itu, PDIP dan Partai Gerindra memboyongnya ke DKI Jakarta. Jokowi dipisangkan dengan mantan Bupati Belitung Timur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Jokowi-Ahok mengalahkan pertahanan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli. Mereka pun berhak menjabat pada 2012-2017.

Pada tengah perjalanan di DKI, Jokowi mendapat tiket Pilpres 2014. Dia berpasangan dengan politikus senior Jusuf Kalla. Mereka menjadi presiden dan wakil presiden usai mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Jokowi kembali mencalonkan diri pada Pilpres 2019 dengan menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin. Mereka mengalahkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jokowi pun melanjutkan kepemimpinannya hingga 2024. (PKL/Salma)

0 Komentar