Cikahuripan akan Kembangkan Hidroponik

Cikahuripan akan Kembangkan  Hidroponik
Seorang petani milenial saat mengelola Taman Hidroponik di halaman rumahnya (Nett/ilustrasi)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Pemerintah Desa Cikahuripan Kecamatan Cimanggung siap merealisasikan program pusat. Yakni, pemberdayaan masyarakat demi memantapkan sektor ketahanan pangan.

Program unggulan tersebut merupakan upaya untuk mewujudkan sumber ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong menjadi taman hidroponik.

Hal ini sebagai upaya supaya bisa meningkatkan pemberdayaan warga sekaligus mendorong perekonomian desa dan masyarakat. Pihak desa memanfaatkan potensi secara maksimal.

Baca Juga:Komite Apresiasi SMPN 1 TanjungsariTabungan Haji BJB Syariah Banyak Diminati

Seperti dikatakan Kepala Desa Cikahuripan Kecamatan Cimanggung Vera Vaisal kepada Sumeks, Selasa (21/6).

Menurutnya, dalam ketahanan pangan ini ada keterlibatan ibu ibu PKK dan warga dalam mendorong perekonomian di wilayahnya dengan memanfaatkan lahan kosong ditanami sayuran serta tanaman yang bermanfaat lainnya.

Ia mengatakan upaya ini untuk bisa meningkatkan pemberdayaan warga sekaligus mendorong perekonomian desa dan masyarakat.

Dikatakan, Taman hidroponik yang dikembangkan dan dikelola merupakan program pusat dan dianggarkan 20 persen dari DD. Program ini merupakan implementasi program ketahanan pangan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

“Iya di desa kita siapkan program tanaman sayur hidroponik sebagai Gerakan Ketahanan Pangan di Desa Cikahuripan. Semuanya dikembangkan melalui pemberdayaan masyarakat untuk menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat sekitar,” tuturnya.

Dijelaskan, keterbatasan lahan nyatanya bukanlah menjadi hambatan untuk berinovasi dan produktif. Taman hidroponik ini bisa memanfaatkan lahan sedikit.

“Bila ini berjalan penggunaan sistem pertanian hidroponik sendiri hasil yang diperoleh juga tak kalah bagusnya dengan sistem pertanian konvensional,” paparnya. (kos)

0 Komentar