UMKM Harus Digenjot Penjualan Online

UMKM Harus Digenjot Penjualan Online
Seorang pelaku UMKM saat menunjukkan hasil produksinya pada kegiatan MTQ ke 37 tingkat Provinsi Jawa Barat, kemarin (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Melesatnya digitalisasi saat ini membuat apapun serba online. Bahkan, belanja pun bisa dilakukan secara online. Oleh sebab itu, para pelaku UMKM harus mengakselerasi penjualan melalui platform online.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Hari Tri Santosa mengatakan sudah seharusnya UMKM mengikuti perkembangan digital dengan menembus pasar online.

“Sekarang sudah saatnya pelaku UMKM di Kabupaten Sumedang bisa menguasai penjualan digital. Karena, yang beli kan bukan hanya secara offline, tapi juga secara online,” buka Hari, Selasa (21/6).

Baca Juga:Hifdzil Quran, Cabang Bergengsi Pada MTQJadi Korban Penodongan, ABG Sempat Hilang

Hari mengklaim pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah platform dalam jaringan untuk memberikan edukasi pelaku UMKM. Hal itu agar mereka segera melakukan penjualan produk-produknya di dalam jaringan.

“Nantinya bakal dilatih bagaimana branding produknya. Sehingga, bisa dipasarkan dengan foto dan tampilan yang menarik,” ucap Hari.

Tak sampai disitu, Hari juga sudah berkoordinasi untuk berkolaborasi dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) lain dan instansi terkait untuk pertumbuhan UMKM di Kabupaten Sumedang.

“Kolaborasi dengan dinas lain, karena memang antusiasmenya tinggi. Butuh kerja sama dengan dinas lain, seperti dengan Disparbud untuk ekonomi kreatif,” kata Hari.

Tak hanya daring, dirinya juga mengatakan akan menggenjot penjualan produk UMKM secara luring melalui sejumlah pameran bertajuk Pojok UMKM.

“Kita akan terus berkolaborasi dengan dinas lain agar terus memperkenalkan dan memasarkan produk UMKM di masyarakat,” tukas Hari. (kga)

0 Komentar