Kaum Pria Bisa Jadi Sumber Kanker Serviks

Kaum Pria Bisa Jadi Sumber Kanker Serviks
Ilustrasi Sel Kanker. Foto istimewa/iStockphoto
0 Komentar

sumedang, JATINANGOR – Guru Besar Fakultas Kedokteran Unpad Prof Dr Yudi Mulyana Hidayat mengungkapkan, setiap perempuan berisiko terinfeksi virus penyebab kanker serviks. Untuk itu, semua pihak perlu memiliki kepedulian untuk melindungi perempuan dari kanker serviks.

“Setiap wanita berisiko, baik menikah, tidak menikah, baik anak-anak maupun orang tua. Karena virus ini sudah common,” ujar Yudi saat menjadi pembicara pada diskusi Satu Jam Berbincang Ilmu “Pencegahan Promosi Kesehatan dan Penatalaksanaan Kanker Serviks” yang digelar Dewan Profesor Unpad secara daring, baru-baru ini.

Yudi mengatakan, laki-laki memiliki peranan besar terhadap masuknya virus pada mulut rahim. Untuk itu, laki-laki pun perlu diikutsertakan dalam upaya pencegahan kanker ini.

Baca Juga:Pembinaan Karang Taruna Desa Cijambe, Eksistensinya Dibutuhkan MasyarakatKomisi 3 Dukung Sanksi Oknum Penyelewengan Tabungan Siswa

“Selama ini, kanker serviks dianggapnya wanita saja yang punya tanggung jawab padahal laki-laki besar pengaruhnya itu kenapa terjadinya kanker serviks,” ujar Yudi.

Berdasarkan data Global Cancer Observatory, Indonesia berada pada urutan nomor satu penderita kanker serviks di Asia Tenggara, urutan kedua di Asia, dan urutan delapan di dunia. Diperkirakan, setiap satu jam ada satu perempuan Indonesia yang meninggal akibat kanker tersebut.

“Jadi betul-betul banyak sekali kasusnya di kita. Sehingga betul-betul harus menjadi concern,” kata Dekan Fakultas Kedokteran Unpad ini.

Menurut Prof Yudi, besarnya angka kematian akibat kanker serviks karena terlambatnya penanganan. Banyak pasien yang baru datang ke fasilitas kesehatan ketika sudah menderita kanker stadium lanjut.

“Jangan sampai datang ke fasilitas kesehatan ini dalam kondisi terlambat,” ujar Guru Besar Bidang Obstetri dan Ginekologi tersebut.

Prof. Yudi menjelaskan, virus HPV yang menjadi penyebab kanker serviks bersifat common, atau sudah ada di sekitar kita, sehingga sulit dicegah untuk masuk ke dalam tubuh. Perlu pencegahan dini agar virus tersebut tidak merusak sel di dalam tubuh.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa perjalanan dari infeksi virus hingga menjadi kanker membutuhkan waktu yang panjang, sekitar tiga hingga puluhan tahun. Untuk itu, deteksi dini atau skrining serta vaksinasi menjadi upaya penting untuk pencegahan kanker.

Baca Juga:Kenalkan Keunikan UMKM Lokal, BRI Raih Penghargaan Omni Brands of The Year 2022Motor Dibawa Kabur, Jajang Jalan Kaki dari Bandung

“Perjalanan infeksi virus sampai menyebabkan kanker itu membutuhkan waktu yang panjang. Karena waktu yang dibutuhkan panjang, sebetulnya ada kesempatan kita untuk mencegahnya, dengan skrining, vaksinasi, dan sebagainya,” ujarnya.

0 Komentar