Tips dan Trik Hadapi Tes Psikologi Polri

Berikut Ini Tips dan Trik Hadapi Tes Psikologi Polri
Foto: isimewa/Fajar Setiyoko
0 Komentar

sumedangekspres – Tes yang dilakukan untuk mengukur aspek psikologis seseorang yang bisa dilakukan dalam bentuk tulisan, verbal, hingga visual, agar bisa melihat fungsi kognitif serta emosional dalam dalam diri seorang individu. Itulah yang dinamakan tes psikologi atau psikotes.

Dalam dunia kerja maupun pendidikan, biasanya tes psikologi ini dibutuhkan sebagai salah satu syarat nya.

Sangat penting bagi pihak rekrutmen agar mengetahui karakter atau sifat kandidat untuk bisa mengukur beberapa aspek penting seperti motivasi, kemampuan bertahan dalam tekanan, hingga kemampuan dalam mengerjakan tugas supaya bisa ditempatkan di posisi yang diinginkan.

Baca Juga:Sejarah Asal-Usul Idul AdhaTiga Orang Ditangkap Karena Penodaan masjid di Mesir

Untuk mengikuti tes psikologi sebagai acuan beberapa pekerjaan memang mengharuskan kandidat. Apakah individu tersebut memiliki kualitas yang diinginkan.

Polisi adalah salah satu profesi yang membutuhkan tes psikologi, dibutuhkan karakter emosional yang tepat di mana agar bisa masuk Polri.

Dalam tes psikologi Polri, terdapat empat poin utama yang diujikan dalam tes berikut, yakni faktor kecerdasan, faktor kepribadian, faktor minat, dan sikap kerja.

Skala nilai yang diberikan dalam tes psikologi masuk Polri ini ialah 0 sampai 100. Nilai tes psikologi yang dinyatakan memenuhi syarat minimal harus mencapai 61 jika ingin dinyatakan lolos. Maka dari itu, dibutuhkan kesiapan dan konsentrasi yang tinggi untuk bisa menghadapi tes psikologi Polri.

Tips dan Trik Menghadapi Tes Psikologi Polri
1. Jaga Kebugaran Tubuh
Sebelum menjalani sesi tes psikologi Polri, alangkah baiknya jika kamu mulai menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, agar saat mengerjakan soal-soal psikotes kamu akan jauh lebih fokus dan konsentrasi.

Oleh karena itu, saat mendekati hari tes psikologi Polri, usahakan untuk tidak terlalu capek dan lelah dengan mengurangi aktivitas, dan jangan terlalu memforsir diri dengan belajar secara berlebihan.

Carilah kegiatan yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks agar esok hari ketika tes psikologi Polri dilaksanakan, kamu akan menjadi jauh lebih tenang.

Baca Juga:Angga Wijaya Ngotot Menggugat Cerai Dewi PerssikUlang Tahun Ke-35, Lee Min Ho Dibanjiri Hadiah dari Fans

2. Tetap Percaya Diri
Jangan merasa minder ataupun tertekan saat mengerjakan soal-soal tes psikologi Polri, karena itu semua hanya akan membuyarkan fokus dan konsentrasi yang kamu miliki.

0 Komentar