5 Manfaat Jamu Beras Kencur

5 Manfaat Jamu Beras Kencur
ilustrasi/nett
0 Komentar

Mengutip Cleveland Clinic, senyawa gingerol dalam jahe dapat berperan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Hal ini membuat jamu beras kencur bermanfaat dalam penurunan kadar glukosa darah. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat yang satu ini.

3. Mencegah jenis kanker tertentu

Rempah kencur dan kunyit yang ada dalam jamu beras kencur diketahui bermanfaat dalam membantu melindungi tubuh dari dari jenis kanker tertentu.

Baca Juga:11 Penyebab Haid 2 Hari4 Warna Keputihan Yang Berbahaya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, beras kencur terbuat dari berbagai rempah yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan diketahui dapat menangkal radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.

Selain itu, sebuah studi juga menjelaskan senyawa aktif dalam kencur, yaitu galangin, dapat membunuh sel kanker serta mencegah penyebarannya. Khususnya untuk sel kanker kolorektal, alias kanker usus besar dan rektum.

Namun, penelitian ini masih sebatas dilakukan di laboratorium. Masih perlu penelitian pada manusia dalam skala yang lebih besar.

4. Melawan peradangan dan rasa sakit

Manfaat jamu ini lainnya adalah mampu melawan peradangan dan meringankan rasa sakit berkat kandungan HMP dalam kencur.

HMP adalah senyawa fitokimia alami yang memiliki sifat anti-inflamasi (antiperadangan) yang kuat.

Ada studi lainnya yang menjelaskan manfaat kencur dalam meredakan rasa sakit. Ini dilakukan selama 6 minggu pada 261 orang yang mengalami osteoarthritis lutut.

Baca Juga:Bupati Ciamis: Pelayanan kepada Masyarakat selalu menjadi Prioritas UtamaWabup Garut: Dialog Kebangsaan ini Diharapkan Dapat Lebih Mempersatukan Bangsa

Hasilnya, 63% penderita yang mengonsumsi ekstrak jahe dan kencur setiap hari, merasakan penurunan rasa nyeri lutut saat berdiri.

Namun, tentunya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efek pengurangan rasa sakit sebagai manfaat dari jamu ini.

5. Menambah nafsu makan

Mungkin banyak dari Anda yang tak asing bahwa jamu ini termasuk ke dalam jamu penggemuk.

Ya, salah satu manfaat jamu ini yang sudah diakui sejak dulu adalah mampu menambah nafsu makan pada anak ataupun orang dewasa.

Kemungkinan, manfaat beras kencur yang satu ini adalah karena adanya kandungan minyak atsiri yang bersifat karminatif, yaitu untuk mengurangi gas dan rasa tidak nyaman perut. (pkl2/Nina)

Sumber: sehatq.com

0 Komentar