5 Manfaat Jamu Beras Kencur

5 Manfaat Jamu Beras Kencur
ilustrasi/nett
0 Komentar

sumedangekspres – Pada zaman nenek moyang, jamu beras kencur sudah dikonsumsi dan kaya manfaat bagi kesehatan. Yu simak dibawah ini untuk mengatasi apa saja manfaat jamu beras kencur!

Salah satu minuman khas tradisional yaitu jamu kencur. Jamu ini mempunyai kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Jamu kencur sangat dipercaya oleh maskayarakat Indonesia dapat mencegah penyakit serta meningkatkan kebugaran tubuh pada zaman dahulu.

Minuman tradisional khas Indonesia yang bermanfaat bagi tubuh dan mencegah beberapa penyakit. Hal tersebut adalah salah satu dari manfaat jamu kencur.

Baca Juga:11 Penyebab Haid 2 Hari4 Warna Keputihan Yang Berbahaya

Selaras dengan namanya, ramuan jamu yang diracik dengan menggunakan beras, kencur, jahe, kunyit, asam Jawa, serta gula ialah jamu beras kencur.

Yang memberikan manfaat pada minuman tradisional ini yaitu rempah-rempah dari jamu beras kencur.

Yang mengandung mineral, vitamin, antioksidan, antiperadangan bermanfaat bagi kesehatan tubuh yaitu beras, kencur, kunyit dan jahe.

Berikut adalah beberapa manfaat jamu beras kencur:

1. Melawan radikal bebas

Kandungan kencur dalam jamu ini kaya akan senyawa antioksidan. Salah satunya adalah senyawa fenolik, yaitu senyawa tanaman yang bermanfaat untuk membantu melawan penyakit, melindungi sel dalam tubuh dari radikal bebas, serta mengurangi stres oksidatif.

Itu sebabnya, minum jamu ini diketahui dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

Selain itu, antioksidan juga diketahui dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Jadi, tubuh akan lebih sehat dan kuat menghadapi serangan penyakit.

2. Menjaga keseimbangan kadar gula darah

Selain melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem imun, beras kencur juga punya manfaat dalam menjaga kadar gula darah. Senyawa polifenol yang berada dalam jamu beras kencur diketahui berfungsi untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga:Bupati Ciamis: Pelayanan kepada Masyarakat selalu menjadi Prioritas UtamaWabup Garut: Dialog Kebangsaan ini Diharapkan Dapat Lebih Mempersatukan Bangsa

Ada pula kandungan flavonoid pada kencur yang merupakan agen imunomodulator yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sekaligus membantu memperbaiki kerusakan sel pankreas. Pankreas diketahui sebagai organ penghasil hormon insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah.

Tak berhenti sampai di situ, jahe yang juga jadi salah satu rempah tambahan dalam jamu beras kencur juga punya kandungan yang memperkuat manfaat tersebut.

0 Komentar