Dorong Terciptanya Stabilitas Keamanan

Dorong Terciptanya Stabilitas Kemanan
Deklarasi Kebangsaan Jemaah Khilafatul Muslimin Ummul Quro Sumedang berlangsung di Mako Polsek Tanjungsari (ist)
0 Komentar

sumedang, TANJUNGSARI – Deklarasi Kebangsaan Jemaah Khilafatul Muslimin Ummul Quro Sumedang berlangsung di Mako Polsek Tanjungsari, Jum’at (11/6) lalu.

Kegiatan dihadiri Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

Kata dia, pihaknya mendorong terciptanya stabilitas keamanan dan terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan.

Selain itu, kata Dony, deklarasi itu untuk mengantisipasi berbagai bentuk ancaman tentang hambatan dan gangguan.

Baca Juga:Penuh Tanah Merah, Jalan Licin Dikeluhkan WargaHewan Kurban Bebas PMK

“Perlu adanya peningkatan kewaspadaan dini berbagai aspek baik ideologi, politik, ekonomi sosial dan budaya maupun pertahanan yang sejalan dengan permendagri nomor 46 tahun 2019 tentang kewaspadaan dini di daerah,” ucapnya.

Ia mengatakan seiring dengan semakin meningkatnya ancaman ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme di Indonesia, telah menciptakan kondisi rawan yang mengancam hak atas rasa aman dan stabilitas keamanan nasional dan daerah.

Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan diperlukan suatu stategi komprehensif.

Senada dengan Bupati, Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa SE MSi mengatakan mayoritas warga negara kita adalah beragama Islam, untuk itu jangan sampai bisa dipecah belah oleh Negara luar dengan mengangkat isu-isu Agama.

“Meskipun negara kita beragam suku, ras dan agama alhamdulilah kita masih bersatu. Apapun yang diberikan oleh negara dengan keadilan, kemakmuran dan kesejahtraan itu sudah sangat maksimal, apabila ada kekurangan kita harus bisa melengkapinya” ujar Dandim.

Pada pertengahan acara dilaksanakan ikrar deklarasi oleh jamaah khilafatul muslimin. Pada intinya deklarasi itu mengakui dan Setia Kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia Yang Berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 Dan Bhinneka Tunggal Ika Sebagai 4 Pilar Kebangsaan.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Roobyanto turut memberikan sambutan dan arahan untuk jamaah khalifatul muslimin seraya mengucapkan rasa syukur masih diberikan kekuatan lahir dan batin. Sehingga, bisa melaksanakan deklarasi Khilafatul Muslimin di Wilayah Kabupaten Sumedang yang menyatakan setia kepada NKRI dengan Pancasila sebagai Idiologi Negara.

Baca Juga:Bisnis Antar Bumdes Harus TerjalinKCD Disdik Wilayah VIII Pastikan PPDB Tahap 1 dan 2 Lancar

“Kegiatan semacam ini merupakan salah satu wujud implementasi untuk cipta kondisi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Sumedang dan antisipasi masuknya paham yang dibawa oleh kelompok maupun perorangan yang anti Pancasila. Terutama, dalam upaya memelihara kerukunan umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghargai dan saling menghormati” tuturnya.

0 Komentar