Wujudkan Mekarasih Jadi Sentral Pisang

Wujudkan Mekarasih Jadi Sentral Pisang
Perkembangan pohon pisang yang ditanam petani akan menjadikan Desa Mekarasih sebagai sentral pisang di Kabupaten Sumedang (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATIGEDE – Bidikan kelompok Girimekar menjadikan Desa Mekarasih Kecamatan Jatigede sebagai sentral pisang sudah mulai menggeliat. Ratusan pohon pisang yang ditanam oleh kelompok tani tersebut saat ini sudah tumbuh besar dan berkembang pesat.

Sampai saat ini usia pohon pisang tersebut sudah sekitar 4,5 bulan. Untuk menunggu berbuah tinggal nunggu satu hingga bulan lagi. Dengan upaya perawatan yang ideal, para petani berharap pohon pisang tersebut bisa memberikan buah yang bagus.

“Untuk pohon pisang ini, kami sudah hampir 5 bulan merawatnya. Sekarang tinggal menunggu hasil dari pohon pisang tersebut. Mudah-mudahan buahnya bagus,” kata salah satu pengurus kelompok Girimekar, Sihabudin, Kamis (7/7).

Baca Juga:Libatkan Milenial, Gerindra Sumedang Siap Hadapi Pemilu 2024, Peningkatan Signifikan Setiap TahunnyaGemarikan Turunkan Stunting dan Gizi Buruk

Dalam hal ini, pihaknya mencoba untuk menjadikan produksi awal program penanaman pisang ini bisa membuahkan hasil yang maksimal. Tujuannya, untuk mendongkrak semangat warga.

“Kami jadikan hasil awal ini sebagai pilot projek, agar semangat petani semakin kuat. Serta, jumlah pohon pisang bisa lebih banyak,” katanya.

Dikatakan, terkait pemasaran pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak Bio Farma. Karena dalam proses penanamannya pun poktan Girimekar menggandeng Bio Farma.

“Target kita untuk saat ini fokus kepada peningkatan komoditas dan kulitas pisang di kawasan Desa Mekarasih. Kalau untuk pemasarannya ada pihak Bio Farma yang bantu kami,” katanya. (eri)

0 Komentar