Seorang Pria Pengeboman Pesawat Air India Tewas Ditembak di Kanada

Seorang Pria Pengeboman Pesawat Air India Tewas Ditembak di Kanada
Foto: tribunnews.com
0 Komentar

sumedangekspres – Seorang pria yang bebas atas pengeboman Air India pada tahun 1985, penerbangan Montreal ke Mumbai telah tewas ditembak di Kanada.

Seorang pria yang terduga pengeboman Air india tersebut diyakini polisi tewas sebagai target penembakan.

Dilansir Guardian, keluarga Ripudaman Singh Malik menjelaskan bahwa pria berusia 70 tahun tersebut ditembak mati pada Kamis 14 Juli 2022 pagi di depan bisnis impor pakaiannya.

Baca Juga:Pamit Pulang namun Tak Kunjung Sampai, Baharuddin Diduga Jatuh ke Sungai dan Diserang BuayaPencuri Rumah Kosong yang Gasak Harta Korban Senilai Rp 5 Milyar Ditangkap

“Pria itu diberikan pertolongan pertama oleh petugas yang hadir sampai layanan kesehatan darurat mengambil alih perawatannya,” ujar polisi Sarbjit Sangha dalam rilis berita.

“Pria yang terluka meninggal karena luka-lukanya di tempat kejadian.”

Polisi tidak merilis nama korban, tetapi keluarga mengkonfirmasi identitas Malik.

Pada tahun 1985, 329 orang tewas ketika Air India penerbangan 182 meledak di lepas pantai Irlandia.

Pesawat berhenti di Heathrow sebelum pergi ke Delhi dan akhirnya Mumbai.

Bom kedua yang menargetkan pesawat lain menewaskan dua petugas bagasi setelah meledak di bandara Narita Tokyo sebelum dimuat ke pesawat Air India.

Jaksa penuntut sebelumnya berpendapat pemboman Air India didalangi oleh ekstremis Sikh di British Columbia sebagai pembalasan atas serangan tentara India di Kuil Emas di Amritsar, tempat suci Sikhisme, pada tahun 1984 yang menewaskan ratusan peziarah Sikh.

Pada tahun 2005, Malik dan Ajaib Singh Bagri dibebaskan dari tuduhan pembunuhan massal dan konspirasi sehubungan dengan pemboman Air India.

Seorang hakim memutuskan bahwa dua saksi kunci yang digunakan tidak dapat diandalkan.

Baca Juga:Trik Bandar Selundupkan Narkoba ke Jakarta, Ibu-ibu Dijadikan Kurir Antar Paket Sabz Berjenis Bungkus KadoLupa Nyalakan Lampu Sein Picu Pengeroyokan Di Tangerang Sampai Berujung Sel Tahanan

Menyusul pembebasannya, Malik tidak berhasil menggugat pemerintah. Dia pun terus menuduh ada kekurangan dalam kasusnya tetapi tuntutan tetap dilanjutkan di bawah tekanan publik.

Hanya satu orang yang pernah dihukum karena pengeboman tersebut.

Inderjit Singh Reyat menjalani hukuman 30 tahun karena berbohong selama dua persidangan, termasuk percobaan Malik, dan karena membantu membuat bom di rumahnya di Pulau Vancouver. Dia dibebaskan pada tahun 2016.

Pihak berwenang Kanada percaya Talwinder Singh Parmar adalah arsitek serangan itu. Dia ditembak dan dibunuh oleh polisi India pada tahun 1992.

Pada tahun-tahun sejak itu, Malik, pendukung sebelumnya gerakan separatis Sikh Khalistan, telah memegang peran kepemimpinan dengan serikat kredit dan jaringan sekolah Khalsa.

0 Komentar