Toilet Burnong, Halangi  Indahnya Waduk Jatigede

Toilet Burnong, Halangi  Indahnya Waduk Jatigede
Pendopo di Kawasan Wisata Buricak Burinong Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja sepi pengunjung, kemarin (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Keberadaan dua toilet di bangunan pendopo kawasan wisata Buricak Burinong (Burnong), di pesisir Waduk Jatigede Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja banyak dikritik para pengunjung.

Keberadaan dua toilet tersebut, dinilai tidak tepat dibangun di pendopo. Pasalnya, mengganggu pemandangan juga menghalangi zona pandang ke lanskap perairan Waduk Jatigede.

“Kami nilai kurang pas kalau ada bangunan toilet di pendopo tersebut. Dilihat dari tempat kuliner misalnya, pandangan kami sangat terganggu,” ujar salah seorang pengunjung dari Malangbong, Garut Asep Soma (49), Senin (25/7).

Baca Juga:Dewan Minta BPK Turun Tangan, Alih Bantuan Sapi Dinilai PelanggaranPolice Go To Campus, Cegah Kenakalan Remaja

Kata dia, jika dilihat dari lokasi kuliner, keberadaan bangunan toilet tersebut kurang etis. Karena, pandangan pengunjung yang makan, akan langsung melihat toilet tersebut.

“Kalau yang makan di tempat kuliner itu kan pasti ingin sambil melihat pemandangan air waduk. Tapi ya terhalang oleh bangunan lainnya termasuk dua toilet tersebut,” katanya.

Pengunjung lainnya, Hendra menyebutkan, adanya dua toilet di bangunan pendopo mengurangi zona pandang pengunjung ke perairan Waduk Jatigede. Sehingga, pengunjung kurang bisa menikmati hamparan air waduk.

“Kami berkunjung kesini kan mau menikmati pemandangan. Sambil makan seharusnya bisa melihat langsung pemandangan air waduk,” ujarnya.

Padahal, kata dia, areal pendopo juga kerap dijadikan tempat makan oleh pengunjung. Sehingga adanya dua bangunan toilet sangat menggangu kenyamanan. (eri)

0 Komentar