Dinkes Siagakan Puskesmas Kejar Vaksin Booster

Dinkes Siagakan Puskesmas Kejar Vaksin Booster
Petugas UPTD Puskesmas Cimanggung saat melakukan vaksinasi anak yang digelar di Kantor Desa Sindangpakuon (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang, siagakan seluruh puskesmas yang berada di daerah untuk mengejar capaian vaksinasi COVID-19 dosis ketiga (Booster) atau penguat bagi masyarakat umum.

“Kami membuka layanan vaksinasi booster di seluruh puskesmas, baik di dalam gedung maupun di luar gedung,” kata Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, dr Reny K Anton, Kamis (4/8).

Untuk total sasaran vaksinasi di Kabupaten Sumedang ada 923.200. Saat ini, total vaksinasi mencapai 301.195 vaksin 3 (booster) atau 32,63 persen.

Baca Juga:HUT RI ke 77, Pasar Parakanmuncang Hiasi KantornyaAduan Masyarakat Harus Direspon Cepat, Dandim 0610/Sumedang Motivasi Anggota Untuk Bersinergi

Menurutnya, dari data yang ada beberapa minggu lalu, capaian vaksin di Kabupaten Sumedang ketiga terendah. Seiring dengan itu, pada akhir juli ada peningkatan mencapai 30 persen.

“Capaian itu dibantu lintas sektor juga puskesmas-puskesmas yang ada di seluruh Kabupaten Sumedang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas UPTD Cimanggung drg Iting Mursyidah Hanum mengaku menyediakan 500 dosis vaksin 1,2 dan booster untuk pelayanan beberapa hari ini. Jenis vaksin yang disediakan saat ini adalah Sinovac dan Pfizer.

Pihaknya terus membuka layanan vaksinasi di beberapa tempat vaksinasi penguat (booster) dibutuhkan agar kekebalan kelompok bisa terus terjaga, mengingat sampai saat ini kasus COVID-19 masih muncul.

“Pandemi belum berakhir, untuk menjaga kekebalan kelompok maka segera melakukan vaksinasi penguat,” tuturnya. (kos)

0 Komentar