Hari Hutan Indonesia, Bangkitkan Semangat Penggiat Alam

HHI, Bangkitkan Semangat Penggiat Alam
Para penggiat alam saat menanam pohon di Tahura Gunung Kunci saat memperingati Hari Hutan Indonesia, kemarin (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Ditetapkannya tanggal 7 Agustus sebagai Hari Hutan Indonesia membuat semangat para penggiat alam kembali untuk terus melestarikan hutan, salah satunya di Sumedang.

Perayaan Hari Hutan Indonesia (HHI) di Sumedang sendiri diwarnai dengang berkumpulnya para penggiat lingkungan dan penggiat alam bebas. Kurang lebih ada 23 komunitas yang bergabung dan memeriahkan Hari Hutan Indonesia di Sumedang.

Ketua pelaksanaan HHI Musfik Nazmuloh atau kebih akrab disapa Kang Mus menjelaskan kegiatan tersebut merupakan kegiatan lintas komunitas agar terbentuknya pola kolaborasi.

Baca Juga:Empon-Empon, Tanaman Unggulan Warga JingkangBabinsa Harus Berada di Tengah Masyarakat

“Kegiatan HHI ini pada awalnya terjalin dari lintas komunitas. Tujuannya sendiri untuk menjalin relasi bahkan ada organisasi yang berasal dari luar Sumedang. Kita juga mengkampanyekan untuk terus melestarikan serta merawat hutan di daerah kita sendiri,” ucap Kang Mus, Minggu (7/8).

Kegiatan yang dilaksanakan di Tahura Gunung Kunci itu bermaksud untuk bisa mengajak pengunjung atau masyarakat umum untuk bergabung dalam perayaan hari hutan indonesia.

Selain itu, perayaan Hari Hutan Indonesia juga diwarnai dengan penanaman pohon di area Tahura. Total ada 3 pohon yang ditanam.

“Kami juga melakukan penanaman pohon di area Tahura Gunung Kunci. Kenapa kita hanya menanam sedikit, lebih baik sedikit tapi terawat daripada banyak tapi tak terawat,” tambahnya.

Nantinya pohon yang ditanam tersebut akan ditawat secara bergantian oleh organisasi yang tergabung dalam HHI. (kga)

0 Komentar