Warga Cipeuteuy Idamkan PJU

Warga Cipeuteuy Idamkan PJU
Warga Desa Cipeuteuy sangat mengharapkan adanya penerangan jalan umum yang menuju ke wilayah desanya (nett/ilustrasi)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Pemrintah Desa Cipeuteuy Kecamatan Darmaraja keluhkan ajuan untuk pengadaan Penerangan Jalan Umum (PJU), belum terealisasi.

Desa Cipeuteuy menjadi salah satu desa yang berada di wilayah pelosok di Kecamatan Darmaraja. Untuk menempuh jarak ke wilayah Desa Cipeuteuy harus melalui beberapa kilometer wilayah pesawahan dan perkebunan yang masih banyak pohon besar. Dampaknya, di sepanjang jalan tersebut gelap dan masih kurang penerangan.

Kepala Desa Cipeuteuy, Hj Maenah Nurlaelah menyebutkan, pihaknya sempat mengajukan kepada pihak terkait, namun sampai saat ini belum ada realisasi pengadaan PJU ke wilayah Desa Cipeuteuy. Padahal, hampir di setiap ruas jalan desa tersebut membutuhkan Penerangan Jalan Umum.

Baca Juga:Lagi-lagi, SMK Yaspri Wado Dibobol MalingPengunjung Mall Wajib Siapkan Aplikasi Peduli Lindungi

“Kalau disini masih banyak terdapat pohon-pohon rindang di pinggir jalan, jadi kalau malam kondisinya semakin gelap, makanya kami berharap ada PJU yang bisa membantu penerangan jalan umum,” katanya kepada Sumeks, Kamis (11/8).

Dikatakan, peran Penerangan Jalan Umum bukan hanya berfungsi untuk penerangan jalan umum saja, namun PJU juga akan berfungsi sebagai antisipasi kriminalitas dan kenakalan remaja.

“Kalau PJU sudah ada, bukan hanya berfungsi untuk penerangan jalan umum saja, tapi juga bisa untuk mencegah kriminalitas. Kalau gelap bisa saja dijadikan tempat untuk berbuat hal-hal yang sifatnya negatif,” jelasnya.

Selain itu, PJU juga bisa membantu mempermudah aktivitas masyarakat pada malam hari dan membuat kondisi perkampungan jadi lebih hidup.

“Kalau perkampungan ini jalannya terang, warga juga akan lebih mudah beraktifitas, dan lingkungan juga akan terlihat hidup,” ucapnya. (eri)

0 Komentar