Masyarakat Antusias Datangi Poskesdes, Ikuti BIAN

Editor:

sumedang, CIMANGGUNG – Masyarakat antusias menyambut Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Mereka pun sadar akan pentingnya imunisasi. Seperti yang dilakukan Puskesmas Cimanggung di Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung.

 

Demi menyehatkan anak bangsa serta mendukung juga mensukseskan program pemerintah, Puskesmas Cimanggung melaksanakan kegiatan BIAN terhitung sejak tanggal 01 Agustus 2022.

 

Adapun pelaksanaannya dilakukan di Posyandu-posyandu atau poskesdes wilayah kerja Puskesmas Cimanggung. Dan demi suksesnya BIAN ini, tak lepas dari kerjasama serta peran lintas sektor.

 

Bulan bakti anak nasional dilakukan dengan sasaran 52 anak berlangsung di Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung. Namun, yang hadir ada 55 balita sekaligus kegiatan bulan penimbangan balita (BPB).

 

Seperti dikatakan Bidan Desa Sindanggalih Vina Muharyani, sebulan sebelum kegiatan dilaksanakan BIAN dan sudah diiformasikan saat kegiatan di lapangan dan disampaikan melalui RT maupun RW

 

Program BIAN ini di lakukan untuk mengejar cakupan imunisasi rutin. Hal ini di sebabkan saat pandemi Covid-19 terjadi penurunan cakupan imunisasi dasar lengkap. Balita juga di kasih vitamin A pemberian makanan tambahan (PMT).

 

Vina juga menambahkan bahwa salah satu penyebab anak stunting adalah tidak mendapatkan imunisasi lengkap. “Petugas juga mengedukasi orang tua agar anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap,” katanya.

 

Ia memaparkan BIAN melindungi anak dari segala penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Adapun sasarannya yaitu anak usia 9-59 bulan pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubella.

 

Kepala Desa Sindanggalih Eddy Setiawan SH mengatakan semoga pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional ini dapat berjalan optimal, sehingga dapat meningkatkan status kesehatan anak.

 

“Selama pencanangan BIAN diharapkan orang tua segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin,”tuturnya. (kos)

 

Baca juga: MTB Gelar Tabligh Akbar dan Istighotsah Kubro, Peringati HUT ke-77 RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.