Ajaib, Batu Melingkar di Tasikmalaya Bikin Smartphone Bisa Internetan Tanpa Kuota

Ajaib, Batu Melingkar di Tasikmalaya Bikin Smartphone Bisa Internetan Tanpa Kuota
0 Komentar

sumedangekspres – Tokoh Sunda sekaligus mantan Kapolda Jawa Barat (Jabar), Anton Charliyan menerangkan, soal kehebohan penemuan batu melingkar yang bikin smartphone bisa internetan tanpa kuota, di Circle Stone yang ada di Desa Jahiang, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Aneh bin ajaib, sejumlah batu yang tersusun secara melingkar di Desa Jahiang, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya bisa bikin menyambungkan smartphone ke internetan tanpa kuota dan wifi.

Sususan batu melingkar tersebut oleh warga dinamai circle stone. Penggalian batu-batu tersebut memakan waktu sekitar 9 bulan lamanya.

Baca Juga:Kronologi Meninggalnya Seorang Ibu pada Saat Mengikuti Lomba Balap Karung di TasikmalayaSeorang Warga Tasikmalaya Meninggal pada saat Mengikuti Lomba Balap Karung

“Awalnya kita gali sekitar 9 bulan, ketika digali ketemulah Circle Stone atau batu yang melingkar-lingkar, ketika ditemukan ada suatu keanehan,” kata Anton.

Mantan Kapolda Jabar ini menjelaskan keanehan Batu Melingkar. Pertama, meski berada di dalam hutan, Handy Talky (HT) yang biasanya menjangkau jarak 1,5 Km justru bisa terjangkau jika berada di dekat Batu Melingkar tersebut.

“Pertamanya Salawu dengan Galunggung Batu Mahpar itu jaraknya 20 Km tetapi HT bisa terjangkau. Bahkan ketika tanpa sengaja HT tersebut berbunyi begitu dijawab ternyata dari Ciremai Palutungan. Padahal Palutungan itu hampir 100 Km lebih jaraknya,” jelasnya.

Keanehan kedua, Anto menyebut saat berada di dekat Batu Melingkar, HP bisa nyambung ke internet padahal tidak ada kuota apalagi WiFi.

“Begitu juga dengan HP. Coba di rumah saja, kalau pakai Whatsapp itu pasti pakai Internet WiFi atau kuota. Coba kita buktikan ke sana (Batu Melingkar) buka HP langsung buka Whatsapp terus Video Call di sana. Sinyalnya juga full tidak perlu pakai WiFi atau kuota,” jelasnya.

Anton menuturkan, perlu ada penelitian khusus terkait keberadaan Batu Melingkar di Tasikmalaya tersebut.

0 Komentar