Sumedang Masih Aman Dari Cacar Monyet

Sumedang Masih Aman Dari Cacar Monyet
Seseorang terkena wabah Cacar Monyet (ist/nett)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Cacar monyet merupakan salah satu penyakit yang saat ini menjadi perhatian dan obrolan di masyarakat.

Isu penyakit cacar monyet makin memanas ketika ada kasus pertama kali orang yang positif tekena Cacar Monyet di Jakarta.

Penyakit ini disebabkan oleh virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae yang bersifat highlipatogenik atau zoonosis.

Baca Juga:Pengembangan Wirausaha Baru Mandiri Mahasiswa (WIBAWA) di Era DigitalYOUTH INNOVATION FESTIVAL 2022 Ridwan Kamil: Anak Muda Harus Mampu Adaptasi Era Digital

Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Sumedang dr Rahmatullah Sidik mengatakan, di Sumedang press rilisnya sudah masuk sesuai Kemenkes RI.

“Jadi untuk menanggapi itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sedang berupaya untuk terus melakukan upaya pencegahan penyebaran cacar monyet di Indonesia khususnya di Sumedang. Di Sumedang sendiri untung saat ini masih belum ada orang yang terkena virus ini,” ujar Rahmatullah kepada Sumeks, Senin (22/8).

Disebutkan, untuk gejala dari penyakit ini akan muncul dari 5-21 hari sejak penderitanya terkena atau terinfeksi dari virus monkeypox.

“Gejala yang akan dirasakan mungkin demam, letih atau lemas, mengigil, sakit kepala, nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah bening yang ditandai benjolan di leher, ketiak atau selangkangan,” katanya.

Dikatakan, penyakit ini juga bisa menyebabkan komplikasi kepada si penderitanya. Selain itu, akan menyebabkan infeksi kepada paru-paru, radang otak, infeksi bakteri dan infeksi kornea.

“Meskipun jarang, tapi ya gitu bisa menyebabkan komplikasi. Jika memang ada yang merasakan hal tersebut maka segeralah lapor ke Puskesmas atau Dinas Kesehatan terdekat untuk dilakukan tes. Sehingga, tidak akan terjadinya percepatan penularan virus,” katanya.

Sedangkan, kata dia, untuk pencegahan utama yaitu hindari orang atau hewan seperti monyet dan tupai jikalau memang sudah terkena infeksi cacar monyet.

Baca Juga:Komisi III DPR Mengusulkan Kapolri Jenderal Sigit Diberhentikan untuk Sementara Buntut Kasus Ferdy SamboEmpat Pernyataan Nikita Mirzani Tentang Ferdy Sambo

“Sering saja mencuci tangan menggunakan sabun atau hand saniitizer, memasak makanan terutama daging harus benar-benar masak, dan mengindari kontak dengan hewan liar apa lagi mengonsumsi dagingnya,” pungkasnya. (wly)

0 Komentar